Sukses

Aksi 31 Maret Digelar di Istana Merdeka Jakarta Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Unjuk rasa massa keagamaan berbalut aksi 31 Maret digelar hari ini, Jumat 31 Maret 2017. Aksi yang digalang Forum Umat Islam (FUI) tersebut akan dipusatkan di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Aksi yang juga disebut 313 akan diawali dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal. Kemudian, massa aksi akan longmarch ke depan Istana Merdeka, Jakarta.

"Benar akan ada aksi tersebut," ujar Sekjen FUI Muhammad Al Khathtath saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa, 28 Maret 2017.

Ia memastikan, aksi kali ini akan berlangsung damai. Soal tuntutan, ia menjelaskan, pihaknya menuntut agar Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diberhentikan dari gubernur DKI Jakarta. Hal itu terkait status yang disandang Ahok yakni terdakwa kasus dugaan penistaan agama.

"Menuntut kepada presiden agar melaksanakan Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah," ujar Al Khathtath.

Terkait dengan estimasi peserta, Khathtath mengaku belum dapat mengungkapkannya. Dia hanya menyatakan aksi tersebut akan dihadiri ulama dan anggota ormas Islam.

"Jumlah massa belum bisa saya pastikan. Tapi tidak kurang dari 100 ribu orang," kata dia di Masjid Baiturrahman, Jakarta Selatan, Kamis, 30 Maret 2017.

Menurut al Khaththath, peserta aksi 313 yang datang tidak hanya warga Jakarta. Bahkan masyarakat dari luar Pulau Jawa diklaim akan ikut turun ke jalan menyuarakan pencopotan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Seperti Maluku, Kalimantan," jelas dia.

Ia berharap, akan banyak masyarakat yang terpanggil berdasarkan undangan terbuka yang disampaikannya dan menyempatkan diri menjadi bagian dari Aksi 313. Tentunya, unjuk rasa kali ini merupakan lanjutan dari sejumlah aksi yang sebelumnya telah dilakukan, seperti 411, 212, dan 212 jilid 2.

"Jumlah massa (aksi 313) mudah-mudahan terulang seperti yang 411 kemarin," al Khaththath menandaskan.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengizinkan massa demo 313 berunjuk rasa di depan Istana. Pihaknya bahkan telah menerjunkan sejumlah personel untuk mengawal berlangsungnya aksi pada Jumat 31 Maret 2017.

"Kami akan akomodir, karena undang-undang mengatur penyampaian pendapat di muka umum, dan kita akan melayaninya," ujar Iriawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 30 Maret 2017.

Namun Iriawan meminta agar massa aksi berada di radius 500 meter dari lingkaran Istana. Pihaknya mengimbau agar massa peserta aksi tetap menjaga ketertiban dan mematuhi aturan yang berlaku.

"Jangan mengganggu ketertiban umum, sehingga (aksi 313) berjalan tertib dan terkendali. Kalau coba melakukan tindakan anarkis, tentu kami harus antisipasi juga terhadap hal ini," tutur dia.