Sukses

BNPT Tertarik Adopsi Sekolah Ideologi Kebangsaan Purwakarta

Program Sekolah Ideologi yang digagas oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menarik perhatian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Liputan6.com, Jakarta Program Sekolah Ideologi yang digagas oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sejak pertengahan Tahun 2016 lalu ternyata menarik perhatian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT.

Terbukti, hari Jum'at kemarin (10/3), Direktur Deradikalisasi di lembaga anti teror tersebut, Irfan Idris menyambangi Sekolah Ideologi yang rutin digelar setiap hari Jum'at di Kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta Jalan Gandanegara No 25.

Dalam paparan singkatnya, Irfan menyebut bahwa pihak BNPT berniat menjadikan sekolah yang berisi pendalaman ideologi dan nilai kebangsaan tersebut menjadi pilot project tingkat nasional agar diikuti oleh daerah lain di Indonesia.

"MoU-nya sedang kita siapkan, nanti bisa dipelajari dulu oleh kami di BNPT maupun oleh Pemkab Purwakarta. Intinya, agar Sekolah Ideologi ini juga diikuti oleh daerah lain," katanya di depan siswa Sekolah Ideologi di Bale Maya Datar, Kompleks Setda Purwakarta.

Selain itu, pendekatan personal yang dilakukan oleh Pemkab Purwakarta terhadap eks terpidana teroris pun menuai pujian dari BNPT. Menurut Irfan, solusi komprehensif telah diberikan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kepada Agus Marsal selaku mantan teroris.

"Advokasi Kang Dedi kepada Agus Marsal juga patut ditiru daerah lain. Kami di BNPT juga melakukan itu, tetapi untuk level pemerintah daerah, baru Purwakarta saja yang melakukan ini, saya kira daerah lain harus ikut," katanya menambahkan.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi menyambut baik terkait MoU yang akan disepakati bersama BNPT. Menurutnya, persoalan penanggulangan terorisme harus tuntas dari hulu hingga hilir. 

"Ya, tentu kami siap soal MoU. Kita tidak boleh lagi berfikir di hilir, tetapi pencegahan dari hulunya harus kuat juga," katanya menegaskan.

Dalam kesempatan sesi Sekolah Ideologi kali ini, diikuti oleh sekitar 150 orang pelajar SMP yang merupakan perwakilan dari seluruh SMP se kabupaten Purwakarta.

Usai mengikuti Sekolah Ideologi, para siswa ini ditugaskan untuk menyampaikan materi kepada teman-teman mereka di sekolah. Mereka pun bertugas sebagai Satgas Toleransi tingkat pelajar di Purwakarta.

Powered By:

Kabupaten Purwakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini