Sukses

Selain Hadiri Perayaan Natal Nasional, Ini Agenda Jokowi di Sulut

Jokowi diagendakan mengunjungi pasar tradisional di Manado dan meresmikan benteng kuno Tondano.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertolak ke Sulawesi Utara hari ini untuk menghadiri Perayaan Natal Nasional yang digelar di Tondano, Kabupaten Minahasa. Selain acara Natal bersama, Jokowi juga akan menghadiri sejumlah agenda kerja lain di Sulawesi Utara.

Antara lain, Jokowi akan meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong di daerah Tompaso, Kabupaten Minahasa.

Jokowi juga diagendakan mengunjungi pasar tradisional di Manado dan meresmikan benteng kuno di Tondano.

PLTP Lahendong dibangun PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). PLTP tersebut diproyeksi mampu memenuhi kebutuhan 40 persen listrik di Sulawesi Utara.

"Kami menyuplai 40 persen kebutuhan listrik di Sulawesi Utara. Saat ini pembangunan PLTP Unit 5 dan 5 di Tompaso sudah rampung dan siap dioperasikan. Kapasitasnya 2 x 20 MW," ungkap GM PT PGE Lahendong, Salvius Patangke di Tomohon, Rabu, 27 September 2016.

PGE Area Lahendong merupakan wilayah WKP milik PGE yang mengoperasikan pemanfaatan panas bumi pada Area Geothermal di daerah Lahendong-Tomohon.

Setelah mengembangkan dan mengoperasikan PLTP Unit 1,2,3 dan 4 dengan kapasitas masing-masing unit sebesar 20 MW yang dilakukan bertahap sejak 2001 hingga 2011, mulai 2015 lalu PGE Area Lahendong memulai pengerjaan pembangunan PLTP Unit 5 & 6 dengan kapasitas 2 X 20 MW.

Sarvius menambahkan, pembangunan PLTP Unit 5 dan 6 dirampungkan lebih cepat yang ditargetkan. "Kami kebut dan akhirnya sudah bisa rampung dan sudah bisa dioperasikan dalam waktu dekat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini