Sukses

Datangi TNI-Polri, Jokowi Ingin Pastikan Loyalitas Prajurit

Jokowi mengaku punya alasan tersendiri sampai harus mendatangi satu per satu prajurit TNI dan anggota Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Seminggu sudah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkonsolidasi ke markas TNI-Polri. Satu per satu satuan pengamanan negeri pun disambangi.

Jokowi mengaku punya alasan tersendiri sampai harus mendatangi satu per satu prajurit TNI dan anggota Polri. Jokowi ingin melihat langsung kekuatan dan loyalitas bawahannya.

"Dalam ketatanegaraan kita, saya ingin memastikan kesemuanya loyal pada negara, setia kepada Pancasila, pada UUD 1945, kepada NKRI, kepada kebhinekaan kita," ujar Jokowi di Markas Brigif 2-Marinir, Cilandak, Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Sebagai Panglima tertinggi, Jokowi menganggap wajar dirinya ingin berkunjung dan melihat langsung sejauh mana kekuatan dan kondisi prajurit saat ini.

Dengan melihat langsung kondisi prajurit, Jokowi mengaku dapat merasakan langsung seberapa kuat prajurit yang dimiliki Indonesia saat ini. Dirinya juga bisa lebih dekat dengan cara bertemu langsung.

"Kalau sudah bertemu dan dekat seperti ini, bisa kita rasakan prajurit kita siap. Memastikan itu saja," imbuh Jokowi.

Selepas demo 4 November, Jokowi memang terus berkonsolidasi dengan berbagai pihak. Tak terkecuali dengan  prajurit TNI dan anggota kepolisian.

Senin lalu, Jokowi mendadak mengumpulkan ribuan prajurit TNI lintas matra di Mabes TNI AD. Kemudian Selasa, Jokowi memberi arahan kepada para perwira TNI dan anggota kepolisian yang ikut mengamankan aksi 4 November di PTIK.

Konsolidasi ini berlanjut dengan menyambangi Mako Kopassus Cijantung. Dan hari ini, Jokowi menyambangi 2 pasukan langsung, yaitu Mako Brimob Polri Kelapa Dua dan Markas Korps Marinir di Cilandak, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Polri

  • Brimob Polri