Sukses

Jakarta Berpotensi Cuaca Ekstrem Pertengahan November 2016

Sutopo mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan waspada ketika beraktifitas di luar rumah.

Liputan6.com, Jakarta Mengacu pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan cuaca ekstrem diperkirakan akan melanda sejumlah daerah.

"Dalam beberapa hari ke depan, potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera dan Jawa relatif tinggi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/11/2016).

"Diperkirakan potensi hujan lebat disertai kilat, petir, serta angin kencang masih terus meningkat dalam seminggu ke depan," sambung dia.

Sutopo menyebutkan daerah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan antaralain, Sumatera Utara, Sumatera Barat,
Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, dan Jawa Barat.

"Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara," sambung dia.

Sutopo menjelaskan, kondisi dinamika atmosfer yang lembab dan basah dan pemanasan yang tinggi, serta kondisi lokal yang kuat, meningkatkan kejadian bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah Indonesia.

"Seperti banjir bandang di Bandung dan Aceh, tanah longsor di Garut, serta angin kencang di Kalimantan Selatan," ujar dia mencontohkan.

Karena itu, Sutopo mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan waspada ketika beraktifitas di luar rumah. Sebab hujan lebat dengan durasi singkat pada sore hari dapat menyebabkan genangan bahkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.