Sukses

Ribuan Aparat Gabungan dan Water Cannon Disiagakan di Gedung DPR

Sebelumnya sempat beredar kabar kalau para demonstran akan bermalam di DPR usai berdemo.

Liputan6.com, Jakarta - Gedung DPR/MPR/DPD Senayan, Jakarta Pusat tak luput dari pengamanan demonstrasi 4 November.

Kepala Pengamanan Objek DPR AKBP Suwarno menyebut ada ribuan personel TNI dan Polri yang menjaga Kompleks Parlemen. Tak hanya itu, water cannon pun juga disiagakan.

"Kami mengantisipasi, bersiap siaga saja (jika massa pendemo ke DPR)," ucap Suwarno di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Berdasarkan data di Pos Komando Pengamanan DPR, ada 1.187 pasukan gabungan yang terdiri dari Polri dan TNI menjaga gedung dewan ini. Pantauan Liputan6.com, jumlah water cannon yang disiagakan berjumlah lima unit.

Namun Suwarno mengaku tidak tahu sampai kapan pengamanan di Gedung DPR akan dilakukan. Sebab sebelumnya sempat beredar kabar kalau para demonstran akan bermalam di DPR usai berdemo.

"Kita liat perkembangan saja. Kita tidak mau berandai-andai, sementara aman," tutup Suwarno.

Demo 4 November rencananya akan dimulai usai demonstran menunaikan salat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal. Dari Masjid Istiqlal, demonstran akan bergerak menuju ke depan Istana Merdeka. Setelah itu, rencananya demonstran akan berjalan kaki menuju Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Unjuk rasa ini dilakukan dalam rangka menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diproses hukum karena tuduhan menista agama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini