Sukses

Menpan-RB Ingin Polri Jadi Contoh Perbaikan Layanan Publik

Menpan-RB Asman Abnur menginginkan Polri menjadi role model atau contoh lembaga dan kementerian dalam memperbaiki pelayanan publik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menginginkan Polri menjadi role model atau contoh lembaga dan kementerian dalam memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Ia menyampaikan hal itu ketika bertemu dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Ini dipesan khusus oleh presiden pada kami. Bahwa pelayanan publik sudah harus ditingkatkan hingga ke unit terkecil, di kelembagaan, kementerian, dan Polri. Saya datang ke sini ingin menjadikan Polri ini role model. Jadi contoh lembaga kementerian yang lain," kata Asman di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Menurut dia, pelayanan Polri terhadap masyarakat sudah cukup baik. Salah satu contohnya adalah pelayanan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Kami sudah tinjau Samsat di sini (Jakarta), dalam tiga menit sudah dapat pelayanan dengan perpanjangan STNK-nya. Ini role model baru untuk Polda se-Indonesia," ucap dia.

Sementara Kapolri Jendera Tito Karnavian mengakui masih ada beberapa pelayanan yang belum maksimal. Terutama di daerah terpencil. Menurut Tito, hal ini wajib diperbaiki.

Rencana selanjutnya, sambung Tito, Polri juga akan membuka pelayanan online bagi para masyarakat yang ingin mengurus STNK, BPKB, dan SKCK. Sehingga masyarakat tak perlu ke kantor polisi untuk mendapatkan pelayanan tersebut.

"Pelayanan di lapangan. Di ruang-ruang pelayanan publik masih ada yang belum bagus," Tito menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.