Sukses

Serum Anti-Tetanus di RS Bhakti Asih Ciledug Diduga Palsu

Selain rumah sakit di Bekasi dan Jakarta, peredaran vaksin palsu juga diduga berada di Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Selain rumah sakit di Bekasi dan Jakarta, peredaran vaksin palsu juga diduga berada di Tangerang. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan adanya rumah sakit di Ciledug, Tangerang yang diduga menerima vaksin palsu dari distributor tidak resmi.

"Hanya satu yang terindikasi palsu karena berasal dari distributor tidak resmi oleh BPOM Provinsi Banten, yakni ATS (Anti-Tetanus Serum)," kata Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Bhakti Asih Ciledug, Tangerang, dokter Ferdy Ramadanil, Minggu (17/7/2016).

Menurut dia, pihak manajemen sudah dipanggil BPOM Provinsi Banten untuk mengonfirmasi indikasi peredaran vaksin palsu di rumah sakit tersebut. Selain ATS, tak ada vaksin lain yang menjadi temuan atau dinyatakan palsu atau berasal dari distributor tidak resmi yang beredar di rumah sakit itu.

"Vaksin lain, apalagi yang diperuntukkan bagi anak-anak itu kami dapat dari distributor resmi semua," ungkap dia.

Ferdy menambahkan, pihak rumah sakit memutuskan untuk membeli vaksin ATS dari distributor tidak resmi karena stok nasional habis, sementara kebutuhannya ada. Setelah bertanya kepada rumah sakit sekitar, akhirnya didapatkan vaksin ATS dari sebuah distributor yang tidak resmi.

Kendati demikian, hingga saat ini, tak ada keluhan dari pasien terkait penggunaan vaksin yang baru saja digunakan pada 2016 di rumah sakit itu.

"Selama ini tidak ada pasien yang terluka lalu kami beri ATS, kemudian mereka balik lagi karena tetanus itu tidak ada," ujar Ramadanil seperti dilansir Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini