Sukses

Sosok Minggu Ini: Nurjanah, Wanita Asal Aceh Peduli Thalasemia

Liputan6.com, Bireun - Untuk ke sekian kalinya Nurjanah Husein mendatangi rumah keluarga Daud Zainal di Bireun, Aceh. Anak-anak keluarga inilah yang membawanya ke sini. Dari delapan anak Daud, lima di antaranya menderita thalasemia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (17/7/2016), selain memeriksa kondisi anak-anak malang itu, Nurjanah menyerahkan uang kepada keluarga Daud.

Uang itu digunakan untuk ongkos perjalanan anak-anak ke Rumah Sakit Zainal Abidin di Banda Aceh untuk transfusi darah. Dananya dihimpun melalui program Seribu Seorang Sebulan Kumpulan Loyal Donasi disingkat S3 Kumlod.

Ia juga menggalang partisipasi masyarakat untuk membantu para penderita thalasemia. Tak sungkan Nurjanah mendatangi kantor-kantor, guna mengumpulkan dana.

Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang menyebabkan hemoglobin tidak berfungsi normal. Sifatnya genetis atau keturunan. Penderita harus menjalani transfusi atau penambahan darah secara rutin, seumur hidup. Ini tidak murah dan mudah.

Menggugah kepedulian masyarakat, menghimpun darah, dan menggalang dana bagi penderita thalasemia adalah hal penting. Tak kalah penting adalah mendampingi langsung para penderita, termasuk saat mereka transfusi darah. Agar mereka tidak merasa ditinggalkan dan tetap tegar menghadapi hidup.