Sukses

VIDEO: Abu Vulkanik Gunung Bromo Ganggu Aktivitas Penerbangan

Tingginya semburan abu vulkanik Gunung Bromo diperkirakan juga akan mengganggu aktifitas penerbangan di Jawa Timur

Liputan6.com, Sidoarjo - Dampak erupsi Gunung Bromo yang terjadi sejak Jumat malam membuat Bandara Abdulrahman Saleh, Malang, ditutup dua hari. Tingginya semburan abu vulkanik Gunung Bromo diperkirakan juga akan mengganggu aktifitas penerbangan di Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (16/6/2016), Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) di Bandara Juanda, Sidoarjo menyatakan, akan memberi peringatan kepada dunia penerbangan agar waspada terhadap erupsi Gunung Bromo.

Abu vulkanik Gunung Bromo sudah berdampak kepada penutupan Bandara Abdurahman Saleh sejak Jumat siang hingga Sabtu pagi pukul 09.00.

Abu vulkanik ini juga mengancam rute penerbangan di bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, bila arah angin menuju barat laut dengan kecepatan di atas 30 km/jam. 

Saat ini terpantau debu vulkanik Gunung Bromo menyembur dengan ketingian 3000 meter dari permukaan tanah dengan kecepatan angin di bawah 2 kilometer/jam mengarah ke barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.