Sukses

Macet di Tol Cipali KM 103, Polisi Berlakukan Contra Flow

Kemacetan arus balik pemudik masih terjadi di jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) jalur Cirebon menuju Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki H+4 lebaran, kemacetan arus balik pemudik masih terjadi di jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) jalur Cirebon menuju Jakarta. Tepatnya di wilayah Subang, Jawa Barat.

Pantauan Liputan6.com, sejak Minggu (10/7/2016) pagi antrean kendaraan terjadi di Kilometer 103+400 yang jalannya mengalami ambles. Lalulintas pun mengular hingga beberapa kilometer.

Untuk mengantisipasi kemacetan parah, polisi melakukan sejumlah rekayasa lalulintas dengan melakukan sistem contra flow atau lawan arah dengan menggunakan jalur sebaliknya sepanjang 1 Kilometer.

Selain itu, untuk mengurangi kemacetan petugas Kepolisian juga membuat jalur tambahan dengan sistem Row dan serta membuat jalur pemisah dengan menggunakan barrier di titik ambles.

"Jadi di Kilometer 103 di titik longsor ini, kami berlakukan contra flow, dari arah Cepu ke Jaya mengambil jalur yang dari Jaya. sekarang sudah bisa digunakan tiga lajur menuju ke Jaya," kata salah seorang petugas Kepolisian, Ipda Zaenudin.

Polisi memprediksi kemapadatan volume kendaraan pemudik balik menuju Jakarta akan terus meningkat, dan diperkirakan bakal terjadi puncaknya pada sore dan malam nanti.

Sementara lokasi longsor di Kilometer 103+400 di Tol Cipali tersebut saat ini dibiarkan dan tidak ada kegiatan perbaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.