Sukses

Sosok Minggu Ini: Gita Saraswati, Penggagas Gerakan Mukena Bersih

Saat ini Gerakan Mukena Bersih tersebar di 79 kota di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci mukena. Inilah aktivitas tambahan Putri sehari-hari. Namun mukena yang dicuci Putri bukanlah mukena pribadinya, melainkan mukena-mukena yang ditempatkan di musala kampusnya. Seminggu sekali Putri menjaga agar mukena-mukena itu tetap bersih.

Sudah satu tahun Putri bergabung dalam relawan Gerakan Mukena Bersih. Baginya, membersihkan mukena adalah amanah dalam menjalankan kewajiban beribadah kepada Allah SWT.

Selain itu, tergabung dalam gerakan ini sekaligus cara untuk berbagi kebaikan kepada banyak orang.

Tapi Putri tidak sendiri, Yasmien seorang ibu rumah tangga sudah delapan tahun menjadi relawan Gerakan Mukena Bersih. Mukena-mukena di tempat ibadah umum menjadi sasaran Yasmien untuk dibersihkan.

Putri dan Yasmien hanyalah dua dari seribu relawan Gerakan Mukena Bersih yang tersebar di 79 kota di Indonesia.

Penggagas gerakan ini adalah Gita Saraswati bersama lima sahabatnya. Tujuannya agar di tempat ibadah umum selalu tersedia mukena bersih.

Menurut Gita, semua berawal dari minimnya kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan perlengkapan salat wanita.

Awalnya gerakan ini dilakukan sendiri oleh Gita. Namun, Gita menyadari, permasalahan yang ada harus diselesaikan bersama.

Berbagi kebaikan memang tak harus selalu berbentuk materi. Dengan cara sederhana seperti mencuci mukena, kebaikan pun bisa berwujud nyata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.