Sukses

Pesan Bung Karno Sebelum Mega Pilih Pertanian di Unpad

Liputan6.com, Bandung - Presiden ‎ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mendapat penganugerahan gelar doktor honoris causa bidang politik dan pemerintah dari Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat.

Dalam sambutannya di kampus Unpad hari ini, Megawati menceritakan saat dia pertama kali tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Fertanian Unpad pada 1965.

Fakultas itu dipilih Megawati, karena Presiden ke-1 RI Sukarno yang juga ayah Megawati meneguhkan prinsip kebangsaan, yakni berdirinya suatu negara tergantung ketersediaan pangan.

"Oleh Bung Karno, saya diharuskan masuk ke Fakultas Pertanian. Sebab urusan pangan merupakan urusan mati hidupnya bangsa," kata Megawati di Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur, Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/5/2016).

Meskipun Megawati saat itu sangat tertarik pada ilmu psikologi, namun Bung Karno berkeras hati dan meyakinkan Mega, untuk memilih jurusan pertanian.

"Akhirnya, melalui praktik membumikan ilmu pertanian secara langsung besama para petani, saya tidak hanya mengerti secara ideologis tentang hakikat kedaulatan pangan," ujar dia.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menuturkan, melalui ilmu pertanian dia dapat memahami landasan terpenting bangsa untuk maju. Antara lain diukur dari kemampuan berdiri di atas kaki sendiri di bidang pangan bagi rakyatnya.


"Bagi saya, ilmu pertanian menjadi jalan kerakyatan yang terbuka lebar, untuk memahami keseluruhan perikehidupan rakyat Indonesia," kata dia.

"Di situlah saya semakin paham bahwa hakikat politik, sejatinya adalah membangun peradaban yang berangkat dari realitas kehidupan rakyatnya," sambung Megawati.

Selain kepada Bung Karno, Megawati juga teringat saat dirinya ikut berjuang menimba ilmu dengan sahabatnya, puluhan tahun silam di kampus tersebut.

"Keseluruhan kenangan saya pun kembali pada peristiwa pertama, ketika saya dilantik sebagai mahasiswi di tempat ini. Peristiwa itu terjadi 51 tahun yang lalu. Saat itu usia saya 18 tahun," kenang Megawati.

Karena itu, Megawati pun berterima kasih kepada Universitas Padjajaran atas gelar doktor honoris causa yang ia terima.

"Saya mengucapkan terima kasih atas pemberian gelar doktor honoris causa di bidang politik dan pemerintahan ini. Saya terharu dan sekaligus bangga," pungkas Megawati.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS