Sukses

Hindari Macet, Cek Titik Kepadatan Kendaraan Libur Panjang 4 Mei

Beberapa titik menjadi simpul pertemuan beberapa ruas jalan raya.

Liputan6.com, Jakarta - Berkaca dari beberapa pengalaman libur panjang sebelumnya, Polri memetakan beberapa titik lalu lintas yang diprediksi menjadi titik kemacetan libur panjang besok. Adapun kenaikan kendaraan diperkirakan mulai terjadi hari ini.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Brigadir Jenderal Agung Budi Maryoto mengatakan, titik dan simpul kemacetan bakal terjadi di Tol Cikunir. Di kawasan ini terdapat 3 pertemuan jalan, yaitu dari Cikunir, Tol Dalam Kota, dan Cakung.

"Kawasan itu menjadi atensi pengamanan. Aspek jumlah kuantitas dan kualitas personel kita akan ditambah di situ," kata Agung usap Apel Pasukan Pengamanan Libur Panjang, di Markas Korlantas Polri, Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, Rabu (4/5/2016).

Kepadatan juga diperkirakan terjadi di KM 29 Tol Cikarang Utama. Lalu, kepadatan juga terjadi di KM 37 karena akan terjadi bottle neck atau penyempitan ruas di sana.

"Dari 4 lajur menjadi 3, pasti di situ akan padat," beber mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini.

Untuk kendaraan berat, Agung menerangkan, pihaknya tidak melarang untuk memasuki tol. Hanya saja, berdasarkan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, jika terjadi kepadatan yang panjang maka akan diberlakukan penundaan sementara.

"Kita hentikan di beberapa kantong parkir, Bakauheni, KM 50 di Merak, dan seterusnya. Nanti sifatnya situasional," terang Agung.

Sementara itu, 320 personel digerakkan mulai hari ini dan disebar di seluruh jalan tol mulai dari Merak sampai Pejagan. Kendati demikian, Agung juga menyatakan pihaknya tidak melupakan adanya perkiraan titik macet di kawasan wisata.

"Jadi kita gak hanya konstentrasi di jalan tol. Tempat wisata seperti Puncak sudah jadi agenda kita. Kemudian TMII dan Ragunan," Agung memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.