Sukses

Ahok dan Susi Tinjau Pulau Reklamasi dari Udara Besok

Rencananya, pulau reklamasi yang akan ditinjau Ahok dan Susi besok, yakni Pulau C,D,G, dan Q.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Ahok bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana meninjau pulau-pulau reklamasi Teluk Jakarta yang sempat menuai polemik.

Keduanya bakal memantau dari udara pada Rabu pagi 4 Mei 2016. Rencananya, pulau yang akan ditinjau besok, yakni Pulau C,D,G, dan Q.

Menurut Ahok, peninjauan tersebut bertujuan untuk melihat langsung adakah penyimpangan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang diduga telah dilanggar para pengembang pulau reklamasi.

"Kita akan melihat penyimpangan dari Amdal," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Dia mengatakan, jika nantinya ditemukan penyimpangan, maka bakal dibuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk memperbaiki Amdal proyek tersebut.

"Akan buat BAP dan perbaiki Amdal. Sekarang nggak bisa kita stop. Setelah berhenti, perbaiki Amdal, baru lanjut bangun," tandas Ahok.

Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyebut, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) pada mega proyek reklamasi Teluk Jakarta belum lengkap.

"Amdal pulau-pulau yang sifatnya tunggal itu dinilai belum cukup karena kita harus lengkapi dengan kajian kewilayahannya jadi kajian lingkungan hidup strategis (KLHS). Tadi disepakati bahwa pemerintah pusat dan daerah akan duduk bersama," ujar Siti pada 18 April 2016 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.