Sukses

Jokowi: Buruh Indonesia Harus Kompetitif

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan May Day disambut ribuan buruh di berbagai daerah Indonesia. Beragam aksi dilakukan. Mulai berdemonstrasi di jalan hingga menggelar kegiatan sosial.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan ucapan hari buruh. Menurut dia, para buruh harus mampu bersikap kompetitif.

"Buruh Indonesia harus kompetitif dan hidup sejahtera. Selamat hari buruh internasional -Jkw," tulis Jokowi dalam akun twitter, ‏@jokowi, Minggu (1/5/2016).

Isu besar dalam May Day ini ialah penolakan megaproyek reklamasi pantai dan penggusuran yang marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Sebab, hal itu sangat berdampak pada nasib para pekerja.

"Tuntutan ini sangat penting bagi kami. Reklamasi ini telah menghilangkan mata pencarian masyarakat setempat, terutama para nelayan dan buruh pelabuhan," ucap Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 29 April 2016.

Selain itu, buruh juga menolak penggusuran yang dinilai tidak manusiawi. Menurut Said, penolakan terhadap penggusuran secara paksa merupakan isu bersama.