Sukses

Jokowi: Buruh Indonesia Harus Kompetitif

Beragam aksi dilakukan buruh saat May Day. Mulai berdemonstrasi di jalan hingga menggelar kegiatan sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan May Day disambut ribuan buruh di berbagai daerah Indonesia. Beragam aksi dilakukan. Mulai berdemonstrasi di jalan hingga menggelar kegiatan sosial.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan ucapan hari buruh. Menurut dia, para buruh harus mampu bersikap kompetitif.

"Buruh Indonesia harus kompetitif dan hidup sejahtera. Selamat hari buruh internasional -Jkw," tulis Jokowi dalam akun twitter, ‏@jokowi, Minggu (1/5/2016).

Isu besar dalam May Day ini ialah penolakan megaproyek reklamasi pantai dan penggusuran yang marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Sebab, hal itu sangat berdampak pada nasib para pekerja.

"Tuntutan ini sangat penting bagi kami. Reklamasi ini telah menghilangkan mata pencarian masyarakat setempat, terutama para nelayan dan buruh pelabuhan," ucap Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 29 April 2016.

Selain itu, buruh juga menolak penggusuran yang dinilai tidak manusiawi. Menurut Said, penolakan terhadap penggusuran secara paksa merupakan isu bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini