Sukses

Ketua DPR: Pertemuan ICAPP Lanjutkan Semangat Asia Afrika

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRAde Komarudin mengapresiasi penyelenggaraan Konferensi Internasional Partai Politik se-Asia atau International Conference of Asian Political Parties (ICAPP) 2016‎.

Ia mengatakan, dengan diselenggarakannya ICAPP ini hubungan partai politik di Asia khususnya di Indonesia akan terjalin semakin baik.

"Saya menyambut baik acara ini. Tentu saya selaku Ketua DPR sangat senang," kata Ade di dalam sambutannya dalam acara ICAPP di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/4/2016) malam.

Pria yang akrab disapa Akom itu menuturkan, ‎adanya pertemuan ICAPP akan melanjutkan perjuangan Konferensi Asia Afrika. Menurut dia, semangat Bandung sangat penting dalam kelangsungkan kehidupan dunia.

 

"Pertemuan ini akan menjadi semangat mendasar bagi pertemuan-pertemuan selanjutnya," tutur dia.

Selain itu, politikus Partai Golkar ini berharap, penyelenggaraan ICAPP 2016‎ dapat memberikan makna untuk partai politik di Indonesia khususnya yang ada di parlemen.

"Dengan adanya acara ini diharapkan dapat memupuk ‎kebersamaan 10 fraksi di DPR. Tentu saya selaku Ketua DPR senang dengan adanya acara ini," harap Akom.

Ia menyebutkan, dengan adanya harmonisasi antar fraksi di DPR maka lembaga legislatif akan semakin mudah menjalankan fungsinya. Baik dalam fungsi legislasi, fungsi pengawasan dan fungsi anggaran.

"‎Pertemuan ini sangat penting untuk melanjutkan semangat Asia Afrika. Semangat Bandung sangat penting kita lanjutkan," Akom menandaskan.

ICAPP akan diselenggarakan pada 22-23 April 2016. Tak kurang sebanyak 48 partai politik dari 32 negara turut ambil bagian dalam ajang yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-26 kali.

ICAPP merupakan organisasi perhimpunan partai politik di Asia yang berfungsi sebagai forum untuk mempromosikan pertukaran informasi dan pengalaman, serta peningkatan kesejahteraan di kawasan Asia.

ICAPP 2016 mengambil tema 'The Role of Political Parties in Enhancing Democracy for the Benefit of the People's Welfare'. Melalui tema tersebut parpol Asia-Afrika-Amerika Latin bertekad memberi bobot yang lebih besar bagi peran partai politik dalam meningkatkan demokrasi demi mewujudkan kesejahteraan rakyat, melalui kerjasama antar partai baik di tingkat nasional, regional maupun internasional.

Saat ini ICAPP memiliki anggota 370 partai politik yang mewakili 53 negara di Asia-Oceania. Adapun keanggotaan ICAPP sendiri bersifat terbuka bagi parpol yang memiliki anggota parlemen dan berasal dari negara anggota PBB di Asia-Oceania.