Sukses

Buron BLBI Samadikun Dipulangkan ke Indonesia Malam Ini

Menurut Ketua Komisi III Bambang Soesatyo, Samadikun akan dipulangkan ke Indonesia nanti malam.

Liputan6.com, Jakarta - Buron kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono akan dipulangkan ke Tanah Air hari ini.

Informasi ini dikatakan oleh Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo. Dia pun mengapresiasi Jaksa Agung HM Prasetyo karena berhasil membawa pulang buronan selama belasan tahun itu.

"Saya berikan apresiasi pada Jaksa Agung, saya dengar nanti malam buronan Samadikun Hartono berhasil dibawa ke Tanah Air. Luar biasa," puji pria yang karib disapa Bamsoet ini saat rapat kerja dengan Jaksa Agung dan Komisi III di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Kabar ini pun dibenarkan oleh Prasetyo. "Iya benar mau dipulangkan hari ini," ujar Prasetyo menanggapi pernyataan Bambang.

Bambang berharap dengan pemulangan buron Samadikun ini juga akan disusul pemulangan buron lainnya.

"Kita menanti buronan lainnya bisa dibawa ke Tanah Air," ucap Bambang.

Samadikun Hartono telah ditangkap di Shanghai, Tiongkok. Komisaris Utama Bank Modern itu divonis 4 tahun penjara karena penyalahgunaan dana BLBI sebesar Rp 169,4 miliar. Dia kabur sesaat setelah Mahkamah Agung (MA) memperkuat vonis itu. Dia ditetapkan sebagai buron Kejaksaan Agung sejak 28 Mei 2003.

Buron BLBI itu sempat melarikan diri ke sejumlah negara, di antaranya Singapura. Dia juga disebut-sebut memiliki pabrik film di Tiongkok dan Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini