Sukses

Kunjungi RS di Mataram, DPR Cek Standar Pelayanan Pasien

Kunker DPR kali ini guna melihat fasilitas sarana dan prasarana yang berkaitan dengan pelayanan bagi pasien Jamkestama

Liputan6.com, Jakarta Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Rabu (13/4) melakukan kunjungan kerja ke RS. Harapan Keluarga di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Tujuan kunker kali ini guna melihat fasilitas sarana dan prasarana yang berkaitan dengan pelayanan bagi pasien Jamkestama.

Wakil Ketua BURTAchmadDimyatiNatakusuma menjelaskan, selain melihat penanganan pasien Jamkestama, kedatangan BURT juga sekaligus untuk melihat kesiapan peralatan yang dimiliki oleh RS tersebut.

“Disini kita melihat fasilitas UGD nya, Radiologi, MRI, CT Scan dan lain sebagainya,” jelas Dimyati.

Selain peralatannya, tambah Dimyati, BURT juga ingin mengetahui jumlah keberadaan dokter dan perawatnya.

“Kita ingin tahu keberadaan dokter dan perawatnya, jangan sampai dokternya ada, perawatnya tidak ada, dan sekaligus ingin mengetahui perbandingannya, apakah satu satu (satu perawat satu pasien-red) , atau satu dua (satu perawat dua pasien-red),”terang politisi dari F-PPP ini.

Lebih lanjut, Dimyati memaparkan, Tim juga melihat standar kamar untuk pasien. Tinjauan ini diperlukan sehingga RS betul-betul siap dalam melayani pasien Jamkestama, khususnya anggota DPR beserta keluarganya. Untuk RS Harapan Keluarga ini, Dimyati menilai cukup baik, peralatannya modern, dan standar kamar yang bagus.

“Pelayanan pasien Jamkestama untuk RS ini, saya lihat juga bagus, baik dalam penanganan rawat inap dan rawat jalannya dilayani secara maksimal dan tidak dipersulit, saya berharap RS Harapan Keluarga ini menjadi contoh bagi rumah sakit lainnya,” harapnya.

Hal senada dikatakan oleh Anggota BURT Sukiman (F-PAN) yang ikut serta dalam rombongan, menilai RS. Harapan Keluarga di Mataram cukup bagus, baik sarana dan prasarana, tenaga medis, dokter spesialis, keramahtamaan, juga kebersihannya.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat terutama pelayanan bagi VVIP khususnya bagi anggota DPR dan keluarga serta yang tidak kalah penting masyarakat yang ada didaerah Mataram dan sekitarnya,” harap Sukiman.

Sementara itu dalam pertemuan, Direktur RS Harapan Keluarga dr. IGK Lania menjelaskan bahwa pihak RS. Harapan Keluarga pada prinsipnya akan berusaha sebaik mungkin dalam melayani pasien Jamkestama, seperti untuk anggota DPR dan keluarga.

“Kami berterima kasih atas supportnya untuk bisa melayani Bapak dan Ibu beserta keluarganya disini, kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melayani,” terang Lania.

Salah satu kendala yang ada di RS. Harapan Keluarga, jelas Lania, adalah belum tersedianya landasan helikopter, “Kami belum ada helikopter pad, berlandasnya helikopter, sementara ini jika ada pasien yang dibawa helikopter disarankan di lapangan terbuka dekat dengan RS lalu kami jemput,”kata Lania.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.