Sukses

Jokowi Serahkan 5 Program Bantuan ke Warga Manokwari

Pemerintah meningkatkan PKH menjadi Rp 9,98 triliun pada tahun 2016, dari sebelumnya hanya Rp 5,6 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyerahkan 5 program bantuan pemerintah kepada warga Manokwari, Papua Barat. kelima program itu adalah Keluarga Harapan (PKH), Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLU), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Beras untuk Rakyat Sejahtera (Beras Rastra).

"Program Keluarga Harapan menjadi bukti komitmen Pemerintah dalam memberikan bantuan sosial kepada warga," ujar Jokowi di Dermaga AL Biryosi, Sanggeng, Manokwari dalam keterangan tertulis dari Tim Komunikasi Presiden, Selasa (5/4/2016).

Pemerintah, menurut Jokowi, meningkatkan PKH menjadi Rp 9,98 triliun pada tahun 2016, dari sebelumnya hanya Rp 5,6 triliun. Sedangkan besarannya berbeda bagi setiap keluarga, tergantung pada kondisinya masing-masing.

Jokowi berpesan agar program bantuan ini digunakan sebaik-baiknya dan jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. "Harus digunakan untuk pendidikan anak, untuk kesehatan anak," tegas Mantan Wali Kota Solo itu.

Sementara itu, bagi warga penyandang disabilitas berat, kata dia, pemerintah memberikan bantuan dalam skema ASDP. Besarnya dana yang diperoleh oleh setiap orangnya sebesar Rp 300 ribu setiap bulan. ASDP dapat dicairkan setiap 4 bulan sekali.

Sedangkan ASLU yang diperuntukan bagi warga lansia menunjukkan sebuah penghormatan dan penghargaan dari Negara kepada warga lanjut usia agar dapat menikmati hidup dengan tenang dan wajar.

Sementara itu, rastra merupakan hak bagi warga yang kurang mampu, sehingga jangan sampai salah dalam penyalurannya.

Kemudian untuk menjamin agar anak-anak di Manokwari dapat menempuh pendidikan formal, dalam kunjungan kerjanya kali ini, Jokowi membagikan KIP. Berdasarkan data dari Kemendikbud Penyaluran KIP sasaranya untuk SD di Papua Barat sebanyak 93.280, SMP 34.068, SMA 9.735, dan SMK 13.386.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan bantuan sosial PKH di Papua Barat baru terealisasi di 3 kabupaten/kota dari 13 kabupaten/kota dan ditargetkan pada bulan Juni 2016 seluruh kabupaten/kota sudah menerima PKH.

Sementara 121 orang di Papua Barat dan 52 orang di Manokwari tercatat sudah menerima bantuan disabilitas. Nilai bantuan PKH di Papua Barat totalnya sebesar Rp 31,4 miliar, bantuan disabilitas total mencapai Rp 435,6 juta, bantuan lansia untuk 250 orang senilai Rp 600 juta, dan total bantuan sosial di Papua Barat senilai lebih dari Rp 150,85 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini