Sukses

Jokowi Lantik Tito Karnavian Jadi Kepala BNPT Pagi ini

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melantik Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Dia bakal menggantikan Komjen Saud Usman Nasution yang memasuki masa pensiun.

Mantan Kepala Detasemen 88 itu rencananya dilantik di Istana Kepresidenan bersamaan dengan pelantikan Laksamana Muda Arie Soedewo sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla). ‎

Berdasarkan agenda kegiatan yang diterima Liputan6.com dari Biro Pers Istana Kepresidenan, Rabu (16/3/2016), Tito dilantik pukul 10.00 WIB di Istana Negara. Pelantikan akan dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla, para menteri kabinet kerja dan para perwira tinggi Polri serta TNI.

Sementara, kursi Kapolda Metro Jaya yang ditinggalkan Tito, akan diisi oleh seniornya di Akademi Kepolisian, Irjen Moechgiyarto. Kini, Moechgiyarto menjabat Kapolda Jawa Barat.

Tito Karnavian mengatakan Moechgiyarto adalah penerima Adhi Makayasa atau penghargaan lulusan terbaik pada 1986.

"Rencana dilantik mungkin besok Rabu di Istana. Saya cukup, kapolda baru nanti juga Pak Moechgiyarto adalah senior saya, lulusan terbaik tahun 86. Sangat berpengalaman, pernah jadi Kapolda NTB dan Jawa Barat," kata Tito.

Polri merotasi sejumlah perwira tingginya. Melalui Surat Telegram bernomor ST/604/III/2016 tertanggal 14 Maret 2016, Irjen Tito Karnavian dipromosikan menjadi Kepala BNPT menggantikan Komjen Saud Usman Nasution. Sementara Saud dimutasikan sebagai Pati di Mabes Polri dalam rangka pensiun.‎