Sukses

Penyebab Kebakaran di RSAL Mintohardjo yang Tewaskan 4 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Satu dari tiga Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) RS Angkatan Laut (AL) Mintohardjo, Jakarta, mengalami kebakaran. Akibatnya, 4 pasien yang sedang menjalani perawatan di dalam tabung tewas di tempat akibat luka bakar.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Muhammad Zainuddin mengatakan, api berasal dari korsleting listrik.

"Pada hari Senin, 14 Maret 2016 pukul 13.00 WIB telah terjadi kebakaran Ruang Tabung Chamber Pulau Miangas Gedung RUBT lama RSAL Mintohardjo yang diakibatkan korsleting listrik," kata Zainuddin dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (14/3/2016).

 



Kejadian itu lalu menimbulkan asap putih lebat. "Operator dengan cepat membuka system fire, tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan," ujar Zainuddin.

Ia menerangkan api baru bisa dijinakkan satu jam kemudian atau pada pukul 14.00 WIB. Para petugas medis segera mengevakuasi 4 korban meninggal ke kamar jenazah, sementara 2 operator chamber yang mengalami sesak napas dilarikan ke ruang UGD.

"Pada pukul 14.00 WIB, korban dapat dievakuasi dan segera dibawa ke kamar jenazah RSAL Mintohardjo. Untuk petugas dan penunggu yang ada di Kamar Udara Bertekanan Tinggi (KUBT) langsung di evakuasi ke UGD RSAL Mintohardjo guna mendapat perawatan intensif akibat asap," kata Zainuddin.

Loading
Artikel Selanjutnya
YouTube Bakal Rilis Aplikasi Pesaing TikTok?
Artikel Selanjutnya
Review Garmin Fenix 6x Sapphire: Smarwatch Berstandar Militer dengan GPS