Sukses

Menko Luhut: Operasi Tinombala di Poso Diperpanjang 6 Bulan

Perpanjangan operasi kembali ditetapkan mengingat belum tuntasnya gangguan keamanan dari kelompok Santoso.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, operasi pengejaran kelompok Santoso dengan sandi Tinombala akan diperpanjang selama 6 bulan kedepan.

"Untuk Operasi Tinombala 2016 tahap awal yang berakhir pada hari ini, kembali kita lanjutkan hingga 6 bulan ke depan. Sementara untuk personel tambahan, nanti kita lihat," ujar Luhut dalam kunjungannya di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, seperti dikutip Antara, Rabu (9/3/2016) 

Menteri Luhut menjelaskan, perpanjangan operasi kembali ditetapkan mengingat belum tuntasnya gangguan keamanan dari kelompok Santoso, yang hingga kini belum juga berhasil ditumpas termasuk target utamanya, Santoso.

Dia mengharapkan partisipasi pemerintah daerah serta seluruh masyarakat Poso sangat diperlukan, untuk ikut membantu aparat keamanan dalam penyelesaian jaringan teroris kelompok Santoso cs.

Operasi Tinombala tahap pertama dimulai 9 Januari sampai 9 Maret 2016, yang melibatkan sedikitnya 2.500 pasukan gabungan TNI-Polri.

Tiga bulan pelaksanaan operasi Tinombala, tim gabungan TNI-Polri telah berhasil menangkap beberapa anggota kelompok Santoso yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polisi.

Selain menangkap kelompok DPO, tim gabungan juga telah berhasil mengamankan ratusan jenis barang bukti yang diduga sebagai milik kelompok Santoso seperti bom rakitan, senjata api dan amunisi.

Dalam Kunjungan tersebut Menkopolhukam juga membahas tiga agenda penting yakni deradikalisasi, masalah narkoba dan program penggunaan dana desa.

Sosialisasi berlangsung selama 2 jam digelar di aula rumah jabatan Bupati Poso. Kunjungan pertama kalinya di Poso bersama rombongan selama satu hari tersebut untuk bertemu dengan pihak pemerintah kabupaten, unsur TNI-Polri serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini