Sukses

Warga Gelar Salat Gerhana Matahari di Pelataran Kompleks TIM

Anita sudah berniat dan mempersiapkan diri untuk salat gerhana matahari di TIM.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang dilakukan warga di Jakarta menyambut gerhana matahari sebagian pagi ini. Ada yang ke Planetarium, Taman Ismail Marzuki dan ada pula yang ke Pantai Ancol untuk menyaksikan prosesi gerhana, serta ada pula yang khusyuk berdoa.

Di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2016), banyak warga yang menggunakan teropong untuk menyaksikan fenomena alam yang langka itu, ada pula yang tak mau ketinggalan mengabadikan momen itu dengan berfoto.

Bahkan beberapa warga juga ada yang melaksanakan salat gerhana matahari langsung di lokasi meskipun di sekeliling mereka warga lainnya berlalu lalang memadati area tersebut.

"Memang dari rumah kami sudah bawa mukena untuk salat gerhana matahari di sana, jadi tadi disempat-sempati salat," kata Anita, warga Mampang, Jakarta Selatan, usai menjalankan salat gerhana.

Ia mengatakan, selain untuk melihat gerhana matahari bersama 5 kawannya, dia juga sudah berniat dan mempersiapkan diri untuk salat gerhana matahari di TIM.

Fase gerhana matahari di Jakarta dimulai pukul 06.19 WIB ketika bulan dan matahari mulai bersinggungan, kemudian pukul 07.21 WIB ketika gerhana matahari sebagian dan pukul 08.31 WIB prosesi gerhana selesai. Namun, tingkat ketertutupannya tak total melainkan hanya mencapai 88,74 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini