Sukses

Djarot: Hati-hati Lho Pak Ahok...

Menurut Djarot, maju Pilkada DKI Jakarta melalui jalur independen seperti pilihan Ahok sangat sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi langkah Ahok yang memilih menempuh jalur independen pada Pilkada DKI Jakarta. Tapi, Djarot tidak lupa memperingatkan Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu dalam menghadapi pilkada.

Menurut politisi PDIP itu, jalur independen sangat rentan kecurangan. Bisa saja Ahok dengan mudah digagalkan pencalonannya melalui berbagai cara.

"Saya harus sampaikan pada Pak Ahok. Hati-hati lho. Jalur independen rawan untuk digagalkan. Sangat rawan. Hati-hati lho," ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Sebagai calon independen, Ahok tentu harus bisa mengumpulkan kembali dukungan sebanyak 1 juta KTP dan itu bukan hal mudah. Terlebih dukungan harus terkumpul pada Juni 2016, sehingga optimisme tetap harus dijaga.


"Ketika pun misalnya menang jalur independen, kan bukan hanya sekedar menang. Pasti selalu berhubungan dengan lembaga yang lain, tidak bisa sendiri," lanjut Djarot.

Mantan Wali Kota Blitar itu mengingatkan, sistem demokrasi Indonesia sudah mengatur jalannya roda pemerintahan baik pusat maupun daerah. Parpol merupakan elemen yang tidak bisa lepas dari tata pemerintahan.

"Paham kita ini, paham yang berdasarkan negara demokrasi, berdasarkan parpol sebagai salah satu infrastruktur dalam pemerintahan. Atau berdasarkan sikap yang individu itu, mau dimasukin di sini? Pragmatisme itu? Apa begitu? Hati-hati," pungkas Djarot.


*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini