Sukses

Top 3: Biang Kerok Banjir di Jakarta Akankah Terkuak?

Ahok telah menguak biang kerok penyebab banjir di depan Istana. Bagiaman dengan wilayah lainnya?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengungkap penyebab banjir di jalan depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Lokasi lain pun ditelusuri guna mencari kemungkinan temuan serupa.

"Bukan tidak mungkin di titik wilayah lain ada, kami terus lakukan penyisiran mencari kemungkinan itu," kata Kepala Dinas Tata Air Teguh Hendarwan saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (1/3/2016).

Selain soal biang kerok penyebab banjir, ada pula berita tentang mundurnya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menurut Sutiyoso sudah dihitung dengan matang. Kemudian, praperadilan yang diajukan Jessica Wongso ditolak sehingga penahanan wanita 27 tahun itu sah juga menyita perhatian pembaca Liputan6.com hingga Rabu pagi (2/3/2016).

Berikut berita-berita terpopuler yang dirangkum dalam Top 3 News:

1. Biang Kerok Banjir Depan Istana Terkuak, Bagaimana Wilayah Lain?

 

Petugas kebersihan mengumpulkan bungkusan kabel yang menyumbat saluran air di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/2). Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan adanya dugaan sabotase banjir akibat limbah kulit kabel itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)


Temuan mengejutkan diungkap Dinas Tata Air. Sebanyak 9 bak truk pembungkus kabel optik ditemukan di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan.

Teguh tidak menampik penyumbatan air oleh tumpukan pembungkus kabel itu menjadi biang keladi banjir di jalan depan Istana Merdeka. "Ya itu sebabnya," kata Teguh.

Pekan ini, pihak Dinas Tata Air bergerilya mencari penyebab sumbatan air di beberapa titik di Medan Merdeka Utara.

Hasil koordinasi dengan pihak kepolisian, kata Teguh, belum ada pihak-pihak yang melaporkan kehilangan tumpukan kulit kabel tersebut.

Selanjutnya...

2. Bang Yos: Mundurnya Ridwan Kamil karena Itung-itungan

Ridwan Kamil (Liputan6.com/Helmi Afandi)


Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memutuskan untuk tidak maju dalam pertarungan Pilkada DKI Jakarta 2017. Kendati popularitasnya sebagai calon gubernur DKI terus melejit, namun pria yang karib disapa Emil itu tetap akan menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota.

Keputusan ini diapresiasi oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini memperkirakan mundurnya Emil dalam kontestasi Pilkada DKI, sudah diperhitungkan dengan matang. Apalagi dia harus berhadapan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
‎
"Itu kan hak dia, dia juga pasti mempunyai hitung-hitungan. A‎palagi kan sekarang kita ini harus berhenti. Kalau mencalonkan kan orang harus mundur kan,"‎ ‎ujar Sutiyoso di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 29 Februari 2016.

Selanjutnya...

3. Praperadilan Ditolak, Penangkapan dan Penahanan Jessica Sah

 

Ini dia tiga kesalahan Jessica yang tidak akan pernah dilupakan oleh ayah Mirna, Edi Darmawan Salihin.


Permohonan praperadilan Jessica Kumala Wongso ditolak oleh hakim tunggal I Wayan Merta. Hakim menilai penangkapan, penahanan, dan pencekalan Jessica sah di mata hukum.

Dengan adanya putusan tersebut, kasus dugaan pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan tersangka Jessica Kumala Wongso akan dilanjutkan.

"Pemohon tidak dapat menunjukkan dalil-dalilnya. Oleh karena itu, permohonan ditolak secara seluruhnya, " ujar Merta saat membacakan vonisnya di Pengadilan Jakarta Pusat, Selasa (1/3/2016).

Menurut hakim, bukti-bukti yang diajukan oleh termohon, Polsek Tanah Abang, cukup untuk dijadikan dasar untuk penetapan tersangka dan menahan Jessica. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi hakim untuk memerintahkan pengeluaran Jessica dari tahanan dan mencabut pencekalan perempuan yang lama tinggal di Australia itu.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Nama Jessica Kumala Wongso diketahui publik setelah seorang temannya, Wayan Mirna Salihin, tewas usai minum es kopi Vietnam di sebuah kafe.
    Nama Jessica Kumala Wongso diketahui publik setelah seorang temannya, Wayan Mirna Salihin, tewas usai minum es kopi Vietnam di sebuah kafe.

    Jessica Wongso

  • Penyebab banjir

Video Terkini