Sukses

Duga DPRD Sering Intervensi, KPK Kawal Pembahasan RAPBD

Menurut KPK, DPRD bisa saja menekan pemerintah soal prioritas apa yang akan dimasukkan dalam RAPBD.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang 3 Sekretaris Daerah Pemprov Sumatera Utara, Riau, dan Banten, terkait rencana pembenahan sistem sebagai bentuk pencegahan korupsi. KPK banyak mengungkap kasus dari penyalahgunaan APBD dan banyak tersangkanya anggota DPRD.

Menurut Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, salah satu yang kesepakatannya adalah mengawal proses pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD). Sebab diduga DPRD sering melakukan intervensi dalam pembahasan tersebut.

"KPK menduga DPRD sering intervensi RAPBD. Sehingga dari mulai pembahasannya akan dikawal sampai implementasi," ujar Pahala di kantornya, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Menurut dia, DPRD bisa saja menekan pemerintah soal prioritas apa yang akan dimasukkan dalam RAPBD.

"Akan tetapi kalau memaksakan kegiatan dan melakukan penyanderaan (RAPBD), karena punya hak untuk menyetujui atau tidak, itu kan menganggu pembangunan daerah," jelas dia.

Sekretaris Daerah Pemprov Sumut Hasban Ritonga menegaskan, dengan pengawalan tersebut maka pembahasan RAPBD bisa sesuai dengan prioritas yang disepakati dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

"APBD ini kita rancang, harus dalam skala prioritas. Karena itu perlu dikawal (oleh KPK)," tandas Hasban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • APBD adalah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang disetujui oleh DPR.

    APBD

  • RAPBD