Sukses

Sosok Minggu Ini: Kisah Yayan Berbagi Harapan

Kini, 500-an keluarga di Desa Sukarame dan sekitarnya telah mendapat bantuan dari Yayan.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Bagi banyak keluarga, rezeki tidak selalu datang dengan mudah. Misalnya Iros, warga Kampung Sukawangi, Tasikmalaya, Jawa Barat, yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Ia telah sering berutang pada tetangga. Begitupun ia tetap tidak mampu menyediakan sarana sekolah secara memadai untuk keempat anaknya.

Untunglah, sejak beberapa bulan lalu, Iros tak lagi perlu berutang. Kebutuhan sekolah utama anak-anaknya tiba-tiba saja tercukupi. Sosok di belakang kelegaan banyak warga desa, termasuk Iros, adalah Yayan Tahyan. Ia merupakan mantan guru dan mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk mengisi masa pensiun 2 tahun lalu, Yayan membuka toko perlengkapan sekolah. Uniknya, di toko bernama Bale Asih ini anak-anak bisa mendapat satu set alat sekolah. Mulai dari seragam, tas sekolah, alat tulis menulis dan buku, hingga sepasang sepatu secara gratis.

Sejak lama Yayan telah memupuk kebiasaan berbagi. Walau tidak mengharapkan balasan, sering kali Yayan merasa mendapat balasan kontan. Bagi Yayan, toko Bale Asih juga jadi alat untuk berbagi kebiasaan bertindak jujur. Siapa saja yang mengaku tidak mampu boleh datang ke Bale Asih untuk mendapat alat-alat sekolah gratis.

Dana operasional Bale Asih datang terutama dari kantung Yayan dan keluarga besarnya. Selain itu, setelah toko ini semakin dikenal ada saja donatur yang ingin ikut membantu.

Yayan Tahyan tak hanya berpangku tangan menunggu mereka yang butuh datang ke toko. Dibantu beberapa relawan, Yayan sering mendatangi warga yang tampak membutuhkan bantuan.

Kini sekitar 500 keluarga di Desa Sukarame dan sekitarnya telah mendapat bantuan dari Yayan. Setiap 6 bulan, keluarga-keluarga itu boleh datang kembali ke Bale Asih untuk mendapat perlengkapan sekolah baru. Pria kelahiran Singaparna 58 tahun lalu ini yakin, masa depan Indonesia akan semakin baik bila anak bangsa dididik dan disiapkan sebaik mungkin.

Saksikan bagaimana kisah Inspiratif Yayan Tahyan dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (24/1/2016), di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.