Sukses

Sosok Minggu Ini: Indorelawan, Ubah Niat Baik Jadi Aksi Baik

Berdiri di Agustus 2012, Indorelawan dicetuskan oleh 4 anak muda kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Bersih-bersih Pasar Santa merupakan bagian dari acara Clean Up Jakarta Day di 2014. 120 Relawan datang ke Pasar Santa dan memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak.

Relawan yang turun dalam acara ini mendaftar melalui indorelawan.org, sebuah portal online satu-satunya di Indonesia yang menghubungkan orang yang ingin berbuat baik dengan organisasi yang membutuhkan bantuan.

Berdiri di Agustus 2012, Indorelawan dicetuskan oleh 4 anak muda kreatif. Salah satunya Widharmika Agung yang mencoba menyebarkan semangat gotong royong di masyarakat.

Kini, Indorelawan sudah berkembang pesat dan berhasil mendapatkan 10.500 relawan. Salah satunya Maritta yang merasakan manfaat portal ini.

Menjadi relawan tak selalu dekat dengan bencana dan dunia politik. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, baik dari dalam maupun luar rumah dengan waktu yang bisa disesuaikan sendiri.

Salah satunya dengan menjadi pengajar di Yayasan Pemimpin Anak Bangsa yang merupakan komunitas home schooling. Komunitas itu memberikan pengajaran bagi mereka yang putus sekolah dan hendak mengikuti ujian paket kesetaraan.

Indorelawan berhasil menyalurkan 124 relawan, seperti Lia Khairunissa, seorang dokter gigi yang merasa kebahagiaannya akan berlipat jika membagi ilmunya dengan menjadi relawan.

Setelah target jumlah relawan tercapai, tahun ini, Indorelawan bertekad memaksimalkan jumlah kerja sama antara relawan dan organisasi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Saksikan bagaimana para pemuda menggerakkan Indorelawan dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (24/1/2016), di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.