Sukses

Sambut Wali Kota dari 90 Negara, Tangsel Siapkan Rp 18,5 Miliar

Diprediksi, bakal ada lebih dari 500 hingga 1.000 tamu yang akan datang ke kota itu.

Liputan6.com, Serpong - Tangerang Selatan (Tangsel) resmi ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Global Innovation Forum (GIF) yang mengundang wali kota dari 90 negara yang tergabung dalam World Technopolis Association (WTA). Untuk itu, Pemkot Tangsel menganggarkan Rp 18,5 miliar sebagai dana persiapan acara yang akan berlangsung pada September 2016.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyatakan anggaran sebesar itu tersebar di 16 SKPD yang bakal dilibatkan dalam perhelatan berskala dunia itu. "Antara lain Bappeda, BLHD, Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman, Disperindag, Satpol PP dan lainnya," ujar Ben, panggilan akrab Benyamin, Selasa (5/1/2016).

Forum yang juga mengundang para ilmuwan itu rencananya akan digelar di kawasan Puspiptek, Kecamatan Setu, Tangsel. Dengan anggaran itu, ia berharap Tangsel akan mampu profesional menyambut tamu dunia. Diprediksi, bakal ada lebih dari 500 hingga 1.000 tamu yang akan datang ke kota itu.

Ben mengungkapkan, Tangsel terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan GIF lantaran di kota itu memiliki pusat penelitian ilmu dan teknologi atau Puspiptek. Ia berharap bisa mengambil manfaat dari gelaran tingkat internasional. Ia juga berharap acara itu bisa mempercepat rencana mewujudkan kota pintar berbasis teknologi di Tangsel.

"Puspiptek ini milik nasional dan letaknya di Tangsel. Makanya, kita bisa mengambil manfaat besar dari adanya Puspitek ini. Tinggal bagaimana kita bisa mengoptimalkannya," tutur Ben.

Kepala Puspiptek Serpong Sri Setiawati menjelaskan, pihaknya sudah mulai mempersiapkan lokasi kegitan tersebut dengan mulai merenovasi berbagai fasilitas yang ada.

"Kami siapkan fasilitas, kita ingin menjadi tuan rumah yang baik segala sesuatunya. Kegiatan ini bukan hanya kita sebagai event organizer, tapi kita berharap panggung ini adalah panggung Indonesia, bagaimana kita bisa mengembangkan inovasi," ucap Sri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini