Sukses

Sudirman Said Dapat Rekaman Percakapan Setnov dari Bos Freeport

Bos Freeport Maroef Sjamsuddin menyerahkan langsung ke kantor Sudirman Said.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengakui, meminta agar bos PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin melaporkan setiap kegiatan yang menyangkut perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia, termasuk pertemuan dengan para pejabat negara.

Hal tersebut terungkap saat sidang perdana Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di DPR tentang dugaan pelanggaran etik oleh Ketua DPR Setya Novanto. Awalnya, anggota MKD Akbar Faisal menanyakan kepada Sudirman siapa pihak yang meminta rekaman Maroef, Setya Novanto,  dan pengusaha minyak Riza Chalid

"Saya yang minta agar setiap pertemuan dengan pejabat negara dilaporkan kepada saya dan Pak Maroef melakukannya," ungkap Sudirman Said dalam sidang MKD, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Lalu Akbar yang berasal dari Fraksi Partai Nasdem itu bertanya lagi, siapa yang menyerahkan bukti rekaman tersebut. "Siapa yang menyerahkan rekaman itu?" tanya Akbar.

"Pak Maroef menyerahkannya ke kantor saya langsung," jawab Menteri Sudirman Said.

Sidang MKD kasus dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR masih berlangsung. Sudirman Said juga masih terus memberikan keterangannya terkait laporan dirinya Senin 16 November 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.