Sukses

Hydrogel, Butiran Warna-Warni Pengganti Tanah

Liputan6.com, Depok: Berawal dari kegemaran akan tanaman, pasangan suami istri Benny Ikhsan dan Eka Dwiyanti, pada 1998 merintis penggunaan media tanam pengganti tanah berbentuk butiran gel, yakni Hydrogel. Bentuknya yang cantik berwarna-warni bisa disusun dalam wadah kaca sehingga menjadikan tampilan ruang tamu atau kantor terlihat lebih segar.

Hydrogel terbuat dari bahan polymer yang mampu menyimpan air, serta mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan bagi tanaman layaknya media tanah. Menurut Eka, tanaman indoor dan outdoor bisa ditanam di Hydrogel ini. Perawatannya pun tak jauh berbeda dengan tanaman yang ditanam di tanah. Tanaman Hydrogel cukup disiram secara teratur dan diberi pupuk setiap enam bulan sekali. Tapi jangan menjemur tanaman di bawah sinar matahari langsung, sebab bisa mengakibatkan Hydrogel rusak dan berlumut.

Yang menarik, Hydrogel memakai bahan pewarna makanan yang aman. Jika warnanya memudar, tinggal tambahkan beberapa tetes saja cairan pewarna agar warna butiran gel kembali cerah.

Benny dan Eka telah memasarkan Hydrogel melalui agen di daerah-daerah seperti Surabaya, Sumatra, dan Sulawesi. Pasangan dengan satu orang putra ini pun aktif mengikuti berbagai pameran dan bazaar secara rutin. Kreasi Hydrogel juga pernah diakui sebagai produk unggulan Jawa Barat. Benny dan Eka berharap, penggunaan Hydrogel makin diminati oleh masyarakat khususnya para pecinta tanaman.(TES/VIN)



Hydrogel
Jl. Krakatau IV/226, Sukmajaya
Depok Timur Depan
Contact Person  : Eka Dwiyanti
Telepon/HP    : 021-77832264 / 0818 132 409