Sukses

Kebakaran Hutan di Jambi Hampir Hanguskan Pemukiman Warga

Api yang terus meluas telah membakar travo PLN, akibatnya listrik mati total.

Liputan6.com, Jambi - Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi hampir saja menghanguskan pemukiman warga. Api yang tak kunjung padam terus mendekati pemukiman.

Warga Desa Sungai Ulak, Kecamatan Nalotantan Kabupaten Merangin, Jambi pada Selasa malam, 20 Oktober 2015, geger setelah melihat kilatan api mendekati kampung mereka.

Hal ini dibenarkan Kapolres Merangin, AKBP Mungaran Kartayuga. "Awalnya api berasal dari dalam hutan, karena tak bisa dipadamkan, api mendekati kawasan pemukiman hingga hampir membakar pemukiman warga Sungai Ulak," ujar Mungaran di Jambi, Rabu (21/10/2015).

Menurut dia, luas lahan yang terbakar di kawasan Sungai Ulak itu sekitar 9 hektar. Selain karena lokasi yang sulit dijangkau, teriknya matahari serta angin kencang memudahkan api cepat menjalar dan meluas hingga ke pemukiman warga.

Bahkan, kata dia, akibat kebakaran tersebut, satu unit travo PLN yang mengalirkan arus listrik ke wilayah Kecamatan Tabir terbakar dan meledak. Jaringan listrik pun padam.

"Luas yang terbakar sekitar 9 hektare, namun akan terus dilidik karena masih ada lokasi yang belum terjangkau," kata Mungaran. Akibat kebakaran ini, kondisi udara di sejumlah wilayah Provinsi Jambi makin memburuk. (Nil/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini