Sukses

Mesin Bor Antareja Bekerja, Ahok Yakin MRT Selesai Tepat Waktu

Pengoperasian mesin bor raksasa bernama Antareja dalam proyek ini diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan MRT.

Liputan6.com, Jakarta - Proyek pembangunan alat transportasi masal Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta terus berlanjut. Pengoperasian mesin bor raksasa bernama Antareja dalam proyek ini diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yakin, pembangunan MRT akan selesai tepat waktu. Meski banyak masalah yang muncul selama pembangunan.

"MRT jalan terus, pengeboran kan terus bekerja," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Pengoperasian mesin bor diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi. Pemilik nama Joko Widodo itu yang memberi nama Antareja untuk mesin raksasa yang dioperasikan oleh operator asal Jepang tersebut.

"Pengeboran ini terus berjalan sesuai dengan jadwal, 8 meter sehari," tambah Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu meyakinkan, pembangunan ini akan berjalan tepat waktu. Pembangunan MRT tahap I dari Lebak Bulus-bundaran HI sudah bisa beroperasi 2018.

"Yakin dong ini sesuai target," tutur Ahok.

Tahap pertama jalur Lebak Bulus–bundaran HI, sedangkan fase kedua akan menghubungkan bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Kampung Bandan.

PT MRT membutuhkan 4 mesin bor untuk membangun 6 stasiun bawah tanah di Jakarta. Stasiun bawah tanah MRT yang akan dibangun, antara lain Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, dan Bundaran Senayan.

Pada koridor pertama sepanjang 9,8 kilometer, MRT akan melitas di jalur layang dan begitu mendekati Patung Senayan akan masuk jalur bawah tanah sepanjang 9,7 km menuju bundaran HI. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini