Sukses

Mahathir Mohamad dan 3 Tokoh Dunia Terima The Star of Sukarno

4 Tokoh dunia menerima penghargaan The Star of Sukarno karena dinilai berjasa dalam bidang keadilan, kemerdekaan dan kemanusiaan.

Liputan6.com, Jakarta - 4 Tokoh dunia menerima penghargaan The Star of Sukarno karena dinilai berjasa dalam bidang keadilan, kemerdekaan dan kemanusiaan.

Mereka adalah mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir bin Mohammad, mantan Presiden Kuba Fidel Alejandro Castro Ruz, mantan Presiden Venezuela Hugo Rafael Chavez, dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

"Terima kasih atas kesediaan Anda menerima The Star of Sukarno. Penganugerahan ini diharapkan memperkuat persahabatan dan persatuan dunia," kata Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri di Jakarta, Minggu (27/9/2015).

Rachmawati mengatakan, penghargaan yang pertama kali dianugerahkan pada 2001 itu diberikan tidak hanya untuk menghargai kontribusi Sukarno pada Indonesia, tetapi juga pada dunia.

Mahathir Mohamad yang mewakili para penerima anugerah menyampaikan apresiasinya dan bercerita sejak kecil telah mengikuti kiprah Sukarno.

"Jasa Sukarno tak boleh dilupakan. Ia memiliki kharisma dan mampu berpidato di depan ribuan orang serta menularkan semangatnya," kata Mahathir yang dijuluki 'Little Sukarno'.

Penghargaan diberikan langsung kepada Mahathir, sementara penghargaan Fidel Castro diwakilkan pada Duta Besar Kuba Nirsia Castro Guevara, untuk Hugo Chaves diwakilkan pada perwakilan Kedutaan Besar Venezuela Darwin Tovar dan untuk Kim Jong-un diwakilkan oleh Ri Hyong Ju. (Ant/Ans/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.