Sukses

14 Tokoh Nasional Diberi Penghargaan dari UNESCO

Mereka adalah Daoed Joesoef, Conny R Semiawan, Malik Fadjar, Sangkot Marzuki, Jacob Utama dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyerahkan penghargaan kepada 14 tokoh yang berjasa pada program-program United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Penghargaan dari lembaga naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa itu diberikan dalam rangka memperingati 70 tahun kemerdekaan Indonesia.

14 orang yang diberikan penghargaan oleh Anies adalah Dr Daoed Joesoef, Prof Dr Conny R Semiawan, Prof Dr Malik Fadjar Msc, Prof Dr Sangkot Marzuki PhD DSC, Prof Dr Indrawati Ganjar, Prof Dr Umar Anggara Jenie, Taufiq Ismail, Prof Dr Edi Sedyawati, Ir Haryono Haryoguritno, Prof Dr Taufiq Abdullah, Prof Dr Bagir Manan SH MCL, Herawati Diah, Dr (HC) Jakob Utama, dan Prof Dr Ing Wardiman Djojonegoro.

Mereka diganjar penghargaan karena telah melakukan banyak hal yang berguna bagi UNESCO di beberapa bidang. Termasuk pada program pendidikan, kebudayaan, sains, dan komunikasi.

Dalam sambutannya, Anies yang juga Ketua Komisi Nasional untuk UNESCO mengatakan, ada beberapa faktor yang menurutnya menjadi dasar kenapa penghargaan ini diberikan kepada tokoh-tokoh tersebut.

"Berbeda dengan penghargaan lain yang pernah saya berikan, apa yang kami berikan lebih pada lifetime achievment," jelas Anies di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (27/8/2015).

"Ini bukan karena satu langkah yang perbuatan, tetapi award ini karena rentetan dan komitmen tanpa henti dari mereka," sambung dia.

Anies juga menyampaikan apresiasi besar pada ke-14 tokoh ini. Sebab, komitmen mereka tidak lekang oleh waktu meski mereka sudah tidak aktif bekerja lagi.

"Mereka usianya sudah senior tapi tak pernah berhenti berkarya dan ini award ini memberi pesan bagi kita semua pensiun dalam tugas profesi kantor tapi tak pernah pensiun dalam kemajuan," ujar Anies Baswedan. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.