Sukses

Inilah Nama-Nama 6 WNA yang Dikabarkan Hilang di Pulau Sangalaki

Sutopo menyatakan, 6 WNA plus pemandunya berangkat dari Pulau Derawan menuju Sangalaki dengan menggunakan speedboat.

Liputan6.com, Berau - 6 Warga negara asing (WNA) dikabarkan hilang di Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) sejak Sabtu malam sekitar pukul 19.10 Wita.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho membenarkan hal tersebut.

“Bahwa telah hilang orang asing (OA) Italia yang sedang menyelam di Sangalaki sebanyak 7 orang, terdiri 6 tamu OA dan 1 orang guide atas nama Oslan warga Pulau Derawan,” ujar Sutopo, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (16/8/2015) sore.

Sutopo menyatakan, 6 WNA plus guide-nya berangkat dari Pulau Derawan menuju Sangalaki dengan menggunakan speed boat untuk menyelam.

“Menunggu sampai sore tidak muncul. Maka motoris spead boat memberitahukan ke motoris spead boat lainnya yang juga membawa tamu di Sangalaki, bahwa tamunya belum naik,” ujar Sutopo.

Setelah itu, lanjut Sutopo, mereka berpencar mencari. Akhirnya Oslan berhasil ditemukan dalam keadaan lemas. Sedangkan 6 WNA yang dibawanya tidak ditemukan.

“Saat ini Oslan masih dirawat di Puskesmas Pulau Derawan dan belum bisa dimintai keterangan. Sementara orang asing masih dalam pencarian dengan menggunakan 4 speed boat milik masyarakat yang dibantu oleh Pospol Derawan,” jelas Sutopo.

Berikut daftar nama WNA yang hilang Pulau Sangalaki:
1. Michela, Italia, (33 tahun)
2. Valeria, Italia, (34 tahun)
3. Alberto, Italia, (36 tahun)
4. Daniele, Italia, (35 tahun)
5. Vana Chris R, Belgia, (29 tahun)
6. Sedangkan seorang laki-laki belum diketahui identitasnya karena paspornya turut hilang. (Ron/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.