Sukses

Senda Gurau Jokowi, Ibu Menteri, dan Bocah-Bocah di Istana Bogor

Liputan6.com, Bogor - Istana Bogor, Jawa Barat pada 11 Agustus 2015 kemarin ramai oleh canda tawa bocah-bocah. Di sana mereka bermain dan bertemu Presiden Jokowi.

Kehadiran ratusan anak-anak yang dikumpulkan dari sejumlah daerah itu untuk merayakan Hari Anak Nasional yang biasanya diperingati pada 23 Juli 2015. Namun puncak peringatannya baru diselenggarakan pada 11 Agustus 2015 kemarin.

Selain Jokowi, hadir pula Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise di sana. Di istana tersebut Menteri Yohana menyampaikan harapannya agar anak-anak Indonesia selalu berada dalam perlindungan dan cinta kasih keluarga.

"Seluruh anak-anak Indonesia adalah anak kita semua, sehingga menjadi kewajiban seluruh komponen bangsa untuk memastikan tidak ada diskriminasi dan kekerasan yang menimpa mereka," kata Menteri Yohana di Bogor, Jabar, Rabu (12/8/2015).

"Cinta kasih, keramahan, dan kepedulian kita terhadap seluruh anak harus dimulai dari kehidupan keluarga yang harmonis dan sayang terhadap anak."

Dia mengatakan, hal yang tak kalah penting adalah untuk mendorong keluarga Indonesia menjadi tempat pertama dan utama dalam pengasuhan yang berkualitas, memiliki pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang komperehensif.

"Sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air," tutur Yohana.

Sementara Jokowi, dalam acara ini tidak menyampaikan pidato resmi atau arahan kepada jajaran menteri Kabinet Kerja. Acara puncak ini diisi penyerahan kacamata, penganugerahan kota layak anak, dan sekolah ramah anak.

Ada juga kuis berhadiah sepeda yang diberikan langsung Jokowi kepada anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaannya. Jokowi juga sempat bergurau dengan sejumlah anak-anak.

Keceriaan Hari Anak Nasional 2015 itu pun terus berlanjut hingga pada puncaknya, di mana halaman Istana Bogor dimeriahkan dengan 10 area aktivitas anak. Aneka kegiatan untuk anak digelar di istana tersebut.

Kesepuluh area itu, yakni area Berita Anak Indonesia, area Cerita Dongeng, area Selamatkan Bumiku, area Permainan Tradisional, area Wishing Tree. Ada pula area Rumah Inovatif INCAKAP, area Sehat dan Ceria, area Corat-coret, dan juga area Gerak Gembira. (Ndy/Mut)

Loading