Sukses

70 Tahun Merdeka, Indonesia Harus Tangkis Penjajahan Budaya

Legislator asal Banyumas berharap pendidikan berbasis kebudayaan harus mulai dilaksanakan.

Liputan6.com, Purwokerto - Tidak lama lagi, Indonesia akan merayakan ulang tahun yang ke-70. Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Juli Krisdiyanto berharap Indonesia menjadi negara yang lebih baik dengan menitikberatkan kepada Tri Sakti Bung Karno.

"Salah satunya berkepribadian dalam bidang kebudayaan dan berdikari di bidang ekonomi. Sebetulnya lawan kita adalah itu, kita dijajah melalui budaya dan ekonomi," kata Juli di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (10/8/2015).

Oleh karena itu, lanjut dia, penjajahan melalui budaya dan ekonomi harus diantisipasi melalui pendidikan.

Dia berharap pendidikan berbasis kebudayaan harus mulai dilaksanakan. Misalnya pendidikan bahasa daerah, budaya setempat, tata krama, dan budi pekerti.

"Itu perlu dilakukan supaya mengembalikan budaya kita karena masuknya perekonomian global salah satunya lewat budaya," jelas Juli.

Khusus di Banyumas, Juli menilai pembangunan yang selama ini dilakukan dalam rangka mengisi kemerdekaan Indonesia telah berjalan baik. Hal itu disebabkan pembangunan di Banyumas dikonsentrasikan pada bidang-bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan dasar masyarakat, misalnya pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan pokok lainnya.

"Kami terus mendukung agar perekonomian masyarakat, baik mikro, kecil, dan menengah bisa maju," ujar Juli. Dengan demikian, kata dia, kebutuhan pokok masyarakat yang berkaitan dengan pangan, papan, dan sandang dapat terpenuhi. (Ant/Bob/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini