Sukses

Nikmati CFD Solo, Jokowi Borong Kacang Rebus

Ketika menyerahkan tas itu, Poniyem kaget lantaran ia diberi uang Rp 400 ribu oleh anggota Paspampres.

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah. Tak hanya menghadiri persiapan pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka, ia juga menyempatkan diri menikmati car free day (CFD) di Kota Solo. Jokowi berjalan menyusuri Jalan Slamet Riyadi dari wilayah Gendengan hingga Bundaran Gladag.

Tidak sendirian, Jokowi yang mengenakan kaos hitam ditemani Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Mereka berdua berjalan sejauh kurang lebih 3 kilometer. Kehadiran Jokowi membuat pengunjung CFD berebut untuk mendekat. Mereka juga berusaha menyalami mantan Walikota Solo itu dan berebut untuk foto bersama.

Saat berada di seputaran Bundaran Gladak, Jokowi tampak mendatangi pedagang kacang rebus. Meski terlihat tertarik untuk mencoba, Jokowi hanya memandangi barang dagangan tersebut. Rudy yang kemudian menanyakan harga kacang itu pada pedagang bernama Poniyem.  

Poniyem langsung menjawab bahwa harga seluruh dagangannya Rp 100 ribu. Ia kemudian memasukkan seluruh dagangannya ke dalam tas. Ketika menyerahkan tas itu, Poniyem kaget lantaran ia diberi uang Rp 400 ribu oleh anggota Paspampres.    

Meski sudah mengatakan kalau harga seluruh dagangannya cuma Rp 100 ribu, uang senilai Rp 400 ribu tetap diberikan untuk Poniyem. Dengan hati senang Poniyem pun menyerahkan bungkusan berisi kacang rebus itu kepada Jokowi.

"Lumayan, ini bisa buat tambah modal," ujar Poniyem dengan girang setelah rombongan Presiden meneruskan acara jalan kaki.

Hadiri Rapat Panitia Pernikahan

Jokowi sendiri mudik ke Solo terkait dengan persiapan pernikahan Gibran dengan Selvi Ananda yang akan digelar pada Kamis 11 Juni mendatang.

Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Adisoemarmo pada Sabtu siang kemarin dengan menumpang pesawat komersial. Begitu sampai di bandara, Jokowi langsung menuju kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, kepulangan Presiden terkait dengan persiapan acara pernikahan putranya. Jokowi dijadwalkan menghadiri rapat panitia persiapan pernikahan. "Ada rapat panitia, sehingga beliau harus hadir," ujar Pratikno yang ikut dalam rombongan. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • CFD Solo