Sukses

Menengok Patung Buddha Raksasa Tidur di Wihara Bogor

Seperti wihara-wihara lainnya, Wihara Buddha Dharma & 8 Posat juga dibanjiri pengunjung pada Hari Raya Waisak ini.

Liputan6.com, Bogor - Seperti wihara-wihara lain, Wihara Buddha Dharma & 8 Posat, di Kampung Jati, Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, juga dibanjiri pengunjung pada Hari Raya Waisak ini.

Namun tak cuma umat Buddha yang ingin beribadah. Wihara ini juga diserbu oleh para wisatawan.

Ini karena kehadiran patung Buddha tidur yang berada di wihara itu. Ukurannya yang raksasa, dengan panjang 18 meter dan tinggi 5 meter menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tak sedikit yang mengabadikan momen tersebut untuk berfoto bersama.

Seperti wihara-wihara lainnya, Wihara Buddha Dharma & 8 Posat juga dibanjiri pengunjung pada Hari Raya Waisak ini.

"Awalnya saya lihat di media sosial dan saya kira itu patung yang ada di Thailand atau Malaysia, namun ternyata itu di Bogor," kata Silvi (35) di lokasi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/6/2015).

"Akhirnya saya sama keluarga ke wihara ini selain mau doa juga sekalian lihat patungnya. Tenyata menakjubkan," imbuh dia.

Sementara pendiri Wihara Buddha Dharma & 8 Posat, Ade Utju Danu mengaku, pengunjung wihara tak cuma berasal dari Bogor. Namun juga dari Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Bahkan, kata dia, ada beberapa turis asing yang pernah datang, salah satunya dari Belanda.

"Meski demikian memang patung Buddha tidur ini belum banyak diketahui wisatawan. Karena memang daerahnya lumayan terpencil dan jauh dari keramaian kota. Jadi suasananya tenang kalau di sini," tutur Ade.

Dia menambahkan, wihara ini terbuka untuk umum, baik wisatawan ataupun orang yang ingin sembahyang. Pengunjung bebas berfoto di altar 8 Pho Sat dan juga Buddha tidur.

"Tapi harus diingat juga karena ini tempat ibadah, tetap harus menjaga sopan santun," pungkas Ade. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.