Sukses

Konvoi Ribuan Buruh Cakung dan Tangerang Menuju Bundaran HI

Dengan mengendarai sepeda motor dan menumpang bus angkutan umum, ratusan buruh di Jakarta Utara, Jumat pagi tadi berkonvoi di Jalan Cakung.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan mengendari sepeda motor dan menumpang bus angkutan umum, ratusan buruh di Jakarta Utara pada Jumat pagi tadi berkonvoi di Jalan Cakung-Cilincing (Cacing), Jakarta Utara, untuk memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (1/5/2015), berbagai spanduk dan bendera elemen buruh bergerak ke Bundaran Hotel Indonesia dan kawasan Monumen Nasioanal (Monas) untuk bergabung dengan buruh dari daerah lain.

Dari Jalan Cacing para buruh menempuh rute ke arah Cakung Pulogadung, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Letjen Suprapto kemudian Bundaran HI. Sistim kerja kontrak atau outsourching menjadi salah satu tuntutan dalam peringatan pada Hari
Buruh tahun ini.

Dari Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, ribuan buruh juga ikut iring-iringan dari kawasan industri menuju Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dalam aksinya ribuan buruh menuntut agar pemerintahn Jokowi-JK memperhatikan kesejahteraan kaum buruh dan juga menghapus sistem kerja kontrak atau outsourcing. Karena menurut mereka sistem kerja kontrak sangat menyengsarakan kaum buruh. Akibat aksi buruh ini Jalan Raya Bekasi-Pulogadung, Jakarta Timur mengalami kemacetan.

Dari Tangerang, ribuan buruh berkonvoi menggunakan sepeda motor dan 24 bus menuju Jakarta. Para buruh dari Kabupaten Tangerang ini akan bergabung dengan buruh di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta menuntut upah layak dan BPJS. Para buruh juga menolak kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) yang dilakukan 5 tahun sekali. (Mar/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.