Sukses

Hakim MK Manahan Sitompul Baca Sumpah di Hadapan Jokowi

Manahan menjadi Hakim Konstitusi setelah dinyatakan lolos uji kepatutan dan kelayakan yang diselenggarakan MA.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah Manahan Malontige Pardamean Sitompul sebagai Hakim Konstitusi periode 2015-2020 di Istana Negara. ‎Manahan merupakan hakim Mahkamah Konstitusi dari unsur Mahkamah Agung.‎

Pantauan Liputan6.com, Selasa (28/4/2015) acara pengucapan sumpah tersebut dihadiri para menteri dan pejabat setingkatnya. Beberapa menteri yang hadir di antaranya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Tedjo Edhy Purdjiatno, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Mensesneg Pratikno, dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Selain itu, hadir pula para Hakim Konstitusi, Hakim Agung, serta menteri Kabinet Kerja, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Ketua DPD Irman Gusman.

Manahan membacakan sumpah mengenakan toga berwarna merah. Surat Keputusan (SK) pelantikannya bernomor 33P/2015.‎
‎
Manahan menjadi Hakim Konstitusi setelah dinyatakan lolos uji kepatutan dan kelayakan yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung pada 2 Desember 2014 bersama Hakim Suryanto. Manahan terpilih menggantikan seniornya Muhammad Alim yang pensiun April 2015.
‎
Sebelum terpilih menjadi Hakim Konstitusi, Manahan pernah menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin. Dia memulai karier di bidang hukum saat menjadi Hakim di Pengadilan Negeri Kabanjahe, Sumatera Utara pada 1986. (Mvi/Ein)
‎
‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hakim MK