Sukses

Tugas Perdana Komjen Budi Gunawan dari Kapolri

Kerja sama antara Kapolri dan Wakapolri harus diwujudkan dalam langkah nyata seperti penegakan hukum yang transparan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan resmi dilantik menjadi Wakil Kepala Polri (Wakapolri) hari ini. Dalam pelantikan yang dilakukan secara sederhana dan disaksikan oleh Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Budi Gunawan langsung mendapat tugas dari Kapolri untuk membangun dan meningkatkan kinerja Polri lebih baik lagi. 

"Amanat Kapolri agar (Komjen Budi Gunawan) bisa kerja sama," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Anton Charliyan juga menjelaskan, komentar sejumlah kalangan yang memprediksi akan ada dualisme kepemimpinan di tubuh Polri dengan terpilihnya Komjen Budi Gunawan sebagai Wakapolri tidak tepat. Menurutnya, tugas Budi Gunawan adalah mendampingi Kapolri yang lebih dulu dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

"Dan membuat Polri solid. Wakapolri kan tugasnya ya membantu Kapolri. Apa yang menjadi kebijakan Kapolri harus didukung Wakapolri," kata Anton.

Sementara itu, komisioner Komisi Kepolisian Nasional M Nasser meminta Polri harus segera berbenah diri. Kerja sama antara Kapolri dan Wakapolri harus diwujudkan dalam langkah nyata seperti penegakan hukum yang transparan.

"Tingkatkan pelayanan ke masyarakat, harus kerja sama yang bagus di antara keduanya. Harapan masyarakat sangat tinggi. Polri harus terus berbenah diri," ucap Nasser. (Gen/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.