Sukses

Calon Besan Jokowi Jualan Sambal Belut di Galabo Solo

Liputan6.com, Solo - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka rencananya akan mempersunting Selvi Ananda yang merupakan juara 1 Pemilihan Putra-Putri Solo 2009. Namun siapa sangka calon besan orang nomor satu di Indonesia itu hanyalah kalangan dari rakyat biasa yang berprofesi sebagai penjual kuliner.

Kedua orangtua Selvi Ananda, Partini dan Didit, setiap malam membuka usaha warung makan dengan menu khas sambal belut di kawasan pusat kuliner Gladag Langen Bogan (Galabo), Solo, Jawa Tengah. Pusat jajanan kuliner khas Solo tersebut terletak di sepanjang Jalan Mayor Sunarso atau tepatnya di depan Pusat Grosir Solo dan Beteng Trade Center (BTC).

Mereka berjualan di kawasan tersebut sejak Galabo diresmikan pada tahun 2008 lalu oleh Jokowi yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo.‎

"(Mereka) Jualan sambal belutnya sudah lama, bertepatan dengan awal berdirinya Galabo," ucap Yeni, pemilik Y'nee Burger yang berjualan tepat di samping barat warung makan milik calon mertua Gibran Rakabuming Raka, Rabu (8/4/2015) malam.

Yeni menjelaskan, warung makan milik orang tua Selvi itu menjual beraneka ragam menu kuliner. Di antaranya sambal belut, wader goreng, ayam kampung kremes, dan bebek kremes.

"Hanya saja yang paling digemari pembeli adalah menu sambal belut dan ayam jawa goreng kremes," sebut dia.

Warung makan sambal belut tersebut, diterangkan berdiri di stan nomor 47 yang terletak di sebelah timur panggung utama di Galabo. Setiap malam di panggung tersebut selalu menyajikan pentas musik organ tunggal.

"Sambal belut sini termasuk ramai pembeli. Apalagi kalau saat malam Minggu tiba, pasti ramai," ujar dia.

‎Bahkan, Selvi dan Gibran kerap datang ke tempat berjualan orangtua Putri Solo 2009 tersebut. Tak tanggung-tanggung, sang putra Presiden itu juga sering membantu meracik menu sajian serta melayani para pembeli.

"Mas Gibran itu memang sering terlihat ke sini dengan Mbak Selvi. Kadang Mas Gibran juga sering meracik seperti menata nasi dan lainnya. Ketika Pak Jokowi masih menjadi walikota, Mas Gibran itu sering banget membantu-bantu di sini," terang Yeni.

Hanya saja setelah sang ayah menjadi Presiden, Yeni menjelaskan, Gibran kadang hanya terlihat saat mengantar dan menjemput Selvi yang membantu orangtuanya berjualan di Galabo. Kesibukan Gibran mengurus perusahaan katering Chillipari itulah yang banyak menyita waktu luangnya.

"Ya katanya karena sibuk mengurus Chillipari jadi kadang hanya mengantar dan menjemput Mbak Selvi ke sini. Apalagi Mbak Selvi juga bekerja di bank, jadi sama-sama sibuknya," ujar dia.

Namun ketika Liputan6.com ingin mencicipi menu khas sambal belut, warung makan tersebut sedang tutup. Menurut penuturan Yeni, warung makan milik calon mertua Gibran Rakabuming Raka itu tutup sejak kemarin malam. (Ans)