Sukses

4 Fakta dan Mitos Gerhana Bulan 'Merah Darah' Paling Hits

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana adalah peristiwa alam biasa. Namun, seorang rabi memperingatkan, itu bisa jadi pertanda mengerikan bagi Israel. Benarkah demikian?

Nah, berita yang mengupas fakta dan mitos gerhana bulan 'merah darah' itu ternyata paling mencuri perhatian para pembaca di portal berita kesayangan Anda, Liputan6.com terutama di kanal News sepanjang Sabtu 4 April 2015. 4 Berita lain, termasuk Hewan Mengamuk Sebelum Gempa Dahsyat Guncang India, juga menarik banyak pembaca.

Selengkapnya Top 5 News...

1. 4 Fakta dan Mitos Gerhana Bulan 'Merah Darah' Malam Ini

Kepala Lembaga Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan, untuk Indonesia bagian barat, gerhana bulan total akan mulai pada pukul 17.16 sampai 20.45 WIB, Sabtu (4/4/2015).

Untuk Indonesia tengah, gerhana akan terjadi pukul 18.16 sampai 21.45 Wita, dan di wilayah timur akan terjadi pada 19.16 sampai 22.45 WIT.

Menurut Thomas, durasi gerhana total ini tergolong singkat. "Puncaknya, gerhana total akan terjadi pada pukul 18.58 sampai 19.03 di Indonesia barat, 19.58 sampai 20.03 di Indonesia tengah dan 20.58 sampai 21.03 di Indonesia timur," kata dia.

Meski bukan kali pertamanya terjadi, gerhana bulan kali ini punya sejumlah keistimewaan, dari durasinya yang superpendek hingga mitos-mitos yang mengiringinya.

Selengkapnya

2. BMKG: Siap-siap, Puncak Gerhana Bulan Hanya Berlangsung 12 Menit

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya, Jawa Timur, memprediksi puncak gerhana bulan total yang terjadi Sabtu malam nanti akan berlangsung selama 12 menit.

"Gerhana totalnya terjadi pukul 18.54 WIB, kemudian puncaknya pukul 19.00 WIB dan gerhana total berakhir pukul 19.06 WIB," ujar prakirawan BMKG Klas I Juanda, Surabaya, Teguh Tri Susanto, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (4/4/2015)

"Gerhana bulan sebagian berakhir pukul 20.45 WIB dan gerhana akan berakhir pukul 22.00 WIB," imbuh dia.

Selengkapnya

3. Masjid di Malang Ini 'Terjual' Rp 1 Juta per Meter

Sebuah masjid mewah yang terletak di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur berhasil dijual oleh pengurusnya sebesar Rp 1 juta per meter. Bangunan dengan luas 2.000 meter persegi yang berdiri tepat di Jalan Pattimura, Kelurahan Temas ini sudah dipasarkan sejak 2012 lalu.

Melalui sebuah reklame raksasa bertuliskan 'Dijual Masjid 1 Juta per Meter Persegi', pengurus Masjid Darus Sholihin yang diketuai Hasan Djumain ini menyatakan pihaknya sengaja melakukan hal itu untuk menarik simpati donatur lantaran sejak 2010 tak kunjung berhasil mengumpulkan dana untuk pembangunan.

"Sejak 5 tahun lalu, ada rencana untuk membangun masjid ini. Awalnya luas masjid ini hanya 800 meter dan ada tanah 2.200 meter milik orang lain keturunan Tionghoa. Mereka mau jual tanahnya. Dan kita pun berencana membeli. Dan kita bangun semua untuk areal masjid," ujar Bendahara Pembangunan Masjid, Muhammad Fanani kepada Liputan6.com, Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Selengkapnya

4. 4-4-1905: Hewan Mengamuk Sebelum Gempa Dahsyat Guncang India

Lembah Kangra (Kangra Valley) yang biasanya tenang dalam keanggunan alamnya, berguncang hebat 4 April 1905 pukul 06.19 waktu setempat. Lempeng India bertubrukan dengan Eurasia, memicu gempa dengan kekuatan 7,8 skala Richter di barat laut pegunungan Himalaya itu.  

Guncangan 'hanya' berlangsung 2 menit, namun dampaknya luar biasa. Bangunan remuk, dinding-dinding rumah robek. Di tengah gemuruh batu dan beton yang ambrol, ribuan yang panik menjerit, memohon ampun Sang Kuasa. Mereka kebingungan, nanar dibayangi teror dan kematian.

Lebih dari 20.000 orang tewas kala itu, 100 ribu bangunan di Kangra, Mcleodganj, dan Dharamshala luluh lantak, termasuk benteng kuno yang dibangun pada tahun 470 Masehi. Tak hanya itu, 53 ribu hewan ternak mati. Lindu itu menjadi salah satu bencana alam paling mematikan dalam sejarah India modern.

Selengkapnya

5. Penampakan Gerhana Bulan 'Merah Darah' di Indonesia Malam Ini

Menurut Kepala Lembaga Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, untuk Indonesia bagian barat, gerhana bulan total akan mulai pada pukul 17.16 sampai 20.45 WIB. Untuk Indonesia tengah, gerhana akan terjadi pukul 18.16 sampai 21.45 Wita, dan di wilayah timur akan terjadi pada 19.16 sampai 22.45 WIT.

Dan waktu yang telah dinanti kini telah tiba. Gerhana terlihat di sejumlah daerah di Indonesia. Seperti yang diamati oleh pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra.

Mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia itu mengunggah beberapa foto gerhana bulan total yang ia lihat langsung di langit di Jimbaran, Bali.

"Gerhana bulan terlihat jelas dari Jimbaran Bali malam ini," kicau @Yusrilihza_Mhd sambil menyertakan foto gerhana, Sabtu (4/4/2015).

Selengkapnya

(Ans)