Sukses

Permudah Distribusi Sapi, Ahok Janji Perbaiki Jalan Rumpin Bogor

Ahok menuturkan, jika infrastruktur rusak bisa menyebabkan biaya transportasi tinggi.‎

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, berjanji akan memperbaiki jalan di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Jalan ini merupakan akses menuju peternakan sapi PT Karya Anugerah Rumpin (KAR), yang bekerjasama dengan Pemprov DKI dalam pembibitan sapi unggul.

Ahok mengatakan, ruas jalan rusak di Rumpin sepanjang 43 kilometer. Selain berlubang, juga ada beberapa akses jalan masih berbatu, sehingga bisa mengganggu pengiriman sapi nantinya.

"Tadi hampi 2,5 jam perjalanan ke sini. Padahal kalau jalannya bagus cuma makan waktu sejam saja dari Serpong," ujar Ahok, di sela penandatanganan MoU atau nota kesepahaman dengan PD Dharma Jaya, PT KAR dan Kemenristekdikti di Bogor, Jawa Barar, Minggu (29/3/2015).

Ahok menuturkan, jika infrastruktur rusak bisa menyebabkan biaya transportasi tinggi.‎ Untuk merealisasikan perbaikan jalan tersebut, dia akan mengirimkan pemberitahuan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

"Nanti kita surati Pemkab Bogor, dan meminta Pemda Bogor mengkalkulasi biaya yang diperlukan dan kami (Pemprov) yang membiayainya," jelas Ahok.

Untuk meningkatkan produksi sapi, Ahok juga berniat membeli lahan seluas 2.000 meter persegi, guna memperluas peternakan. "Diharapkan 7 hingga 10 tahun, melalui PD Dharma Jaya akan menyetok daging bagi seluruh pasar yang ada di Jakarta."

Seperti pantauan Liputan6.com, kondisi ruas Jalan Rumpin memang cukup rusak. Sepanjang jalan banyak lubang berdiameter sekitar 1 hingga 2 meter dengan kedalaman bervariasi.

Jalan rusak di kawasan Rumpin tersebut kerap dimanfaatkan beberapa warga, untuk meminta pungli kepada pengendara yang melintas. Sementara data Dinas Bina Marga Kabupaten Bogor menyebutkan, untuk perbaikan ruas jalan tahun ini, Pemkab Bogor masih kekurangan anggaran. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini