Sukses

Raih Elektabilitas Tertinggi, Kompetensi Kepemimpinan Erick Thohir Makin Diakui

Elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres terus moncer jelang Pilpres 2024. Berdasarkan survei terbaru Indo Barometer, Erick menjadi kandidat cawapres favorit dengan raihan elektabilitas 22,9 persen.

 

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang terus meningkat membuat peluangnya diusung maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin kuat.

Kondisi tersebut menandakan kompetensi kepemimpinan Erick Thohir makin diakui.

 

"Erick Thohir sering masuk ke dalam bursa cawapres karena popularitasnya di antara para politisi," kata Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI) Meidi Kosandi dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3/2023).

Dia mengungkapkan, hubungan harmonis Erick Thohir dengan sejumlah parpol semakin membuat langkah maju orang nomor satu di Kementerian BUMN itu sebagai cawapres terwujud.

Eks Presiden Inter Milan ini terus menjadi primadona bagi dua parpol dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni PAN dan PPP.

Namun begitu, PAN dan PPP harus memastikan koalisi yang dibangun bisa memenuhi persyaratan presidential threshold agar bisa mengusung pasangan capres-cawapres sendiri. 

“Mampu tidaknya PAN dan PPP mengusung capres-cawapres sendiri akan ditentukan oleh langkah mengembangkan koalisi ke depannya,” terang Meidi. 

KIB yang terdiri dari PAN, PPP, dan Golkar sejatinya telah memenuhi persyaratan presidential threshold, namun mereka belum juga mendeklarasikan capres-cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024. Kendati PAN dan PPP kerap memberi sinyal ingin menduetkan Ganjar Pranowo dengan Erick Thohir. 

“Pada prinsipnya, berdasarkan regulasi, capres-cawapres harus diusung oleh partai politik atau koalisi partai politik yang memenuhi threshold,” ucap Meidi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Cawapres Favorit Versi Indo Barometer

Sebelumnya diberitakan, Nama Menteri BUMN Erick Thohir terus masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Erick Thohir bahkan menjadi kandidat cawapres tertinggi versi lembaga survei Indo Barometer.

Dalam temuan survei terbaru Indo Barometer, Erick Thohir bertengger di posisi pertama dalam perolehan elektabilitas dibanding kandidat lain.

“Jadi pada hari ini calon wapres paling tinggi itu adalah Erick Thohir," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari dalam keterangan tertulis.

Erick Thohir berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 22,9 persen. Sementara mengikuti di belakangnya ada Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Pengusaha Chairul Tanjung.

Khofifah terpaut angka 7,1 persen dari Erick Thohir. Orang nomor satu di Jatim ini terekam memiliki elektabilitas sebesar 15,8 persen.

Kemudian di posisi nomor tiga adalah Muhaimin Iskandar yang terpaut sangat jauh dengan Erick Thohir. Elektabilitas Cak Imin dalam bursa cawapres ini berada di angka 6,7 persen.

Bersaing di papan bawah bersama Cak Imin, Puan Maharani memiliki elektabilitas sebesar 6,3 persen. Sedangkan di posisi terakhir bursa cawapres 2024 dihuni bos CT Corp Chairul Tanjung dengan elektabilitas sebesar 2,7 persen.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.