Sukses

Gasak Toko, Komplotan Perampok di Bandung Gondol 8 Kg Emas

"Sambil menodongkan senjata, pelaku mengancam tiga pegawai toko."

Liputan6.com, Jakarta Empat orang bersenjata api melakukan aksi perampokan di toko emas Barokah milik H Nanang Abdulatif di Kampung Cijawal, RT 01/06, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu 8 Maret 2015 sekitar pukul 13.00 WIB. Para pelaku menggasak emas lebih dari 8 kilogram dengan nilai mencapai Rp 2,4 miliar.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Sulistyo Pudjo, mengatakan kala itu pelaku yang berjumlah 4 orang datang mengendarai motor dengan mengenakan helm full face.

"Sambil menodongkan senjata, pelaku mengancam tiga pegawai toko," kata Sulistyo saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin (9/3/2015).

Karena ketakutan akibat todongan senjata, para pegawai memberikan emas di etalase toko dan juga di brankas toko. "Totalnya sekitar 8 hingga 9 kilogram dengan total senilai Rp 2,4 miliar," ucap dia.

Sulistyo menyatakan pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa beberapa orang saksi. "Kita masih selidiki kasus ini. Kita turunkan tim dari Jatanras Polda Jabar dibantu Polres Cimahi," ujar Sulistyo.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku sempat menembakan pistolnya sebanyak tiga kali. Dua ke udara dan satu pada mobil minibus yang terparkir di depan toko emas.

"Saat olah TKP kami menemukan lima selongsong peluru dan sebuah gelang emas," ujar Sulistyo.

Menurut dia, aksi komplotan rampok ini telah direncanakan sebelumnya. Itu terlihat dari aksi yang hanya berlangsung beberapa menit ini.

Untuk kepentingan penyelidikan, pihaknya akan memeriksa CCTV di sekitar toko emas. "Kita masih selidiki, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa segera terungkap," tukas Sulistyo. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.