Sukses

Komentar JK Soal Pelantikan Calon Kapolri

JK menegaskan pelantikan Kapolri masih menunggu proses sidang praperadilan KPK yang diajukan Budi Gunawan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan nama-nama calon Kepala Polri baru kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Nama-nama calon itu untuk mengganti Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan yang kabarnya batal dilantik Jokowi.

Mengenai hal itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengatakan belum mengetahui nama-nama baru calon Kapolri. Menurut dia terkait calon Kapolri adalah urusan Presiden.

"Saya belum tahu (pengganti Budi Gunawan). Itu (urusan) Presiden, bukan Wapres," kata JK di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Terkait masalah ini, JK menegaskan, pelantikan Kapolri masih menunggu proses sidang gugatan praperadilan Budi Gunawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Persoalan ini tak bisa diselesaikan dalam sepekan.

"Bukan hari demi hari. Urusannya nanti selesai praperadilan. Kalau pengadilannya selesai hari ini, hari ini juga (dilantik). Besok ya besok," tandas JK.

Berdasarkan informasi yang diterima, Presiden Jokowi sudah menentukan nama pengganti Budi Gunawan untuk dilantik menjadi Kapolri. Pelantikan Kapolri kabarnya akan diumumkan pada Jumat 13 Februari besok di Istana Bogor. Presiden Jokowi juga rencananya besok akan berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor. (Osc/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • Polri